Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Baut magnet kencang, berisik di Satria FU150 hilang?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Oct / Octa - otomotifnet.com

Seperti biasa sebelum berangkat melakukan aktivitas sehari-hari, Agung J memanasi mesin Suzuki Satria FU 150 keluaran 2007 yang jadi tunggangannya.

 

Karena memang belum waktunya berangkat, setelah 10 menit distarter maka mesin FU dimatikan.

 

“Begitu kunci kontak dalam posisi off, terdengar bunyi asing keluar dari dalam mesin,” ujar warga Cengkareng, Tangerang ini.


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

Beberapa kali Agung mencoba menghidupkan lalu mematikan mesin motornya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bunyi-bunyian itu keluar dari sisi sebelah mana. Setelah didengarkan secara saksama, menurut Agung bebunyian tersebut muncul dari mesin di sisi sebelah kiri.

 

 

 

Takut terjadi hal yang membahayakan, maka cowok berbadan tegap ini melarikan besutannya ke bengkel yang jadi rujukan pengguna FU. Kepada Hasan Basri yang jadi mekanik Hasan Motor (HM), Agung mengeluarkan unek-uneknya.

 

 

Ternyata bagi mekanik berputri satu ini, kendala yang dialami klien yang satu ini juga terjadi pada beberapa pengguna FU.

 

“Khususnya pada mereka pemakai FU yang sudah mengaplikasi elektric starter dan tempat bunyi itu berasal memang di sebelah kiri mesin, persisnya di bagian magnet,” terang mekanik yang buka bengkel di Jl. Kelapa Dua, Jakbar.

 

 

Kenapa ya, magnet kok bisa jadi pemicu bunyi-bunyian tersebut? Dari beberapa kasus yang ditangani, ternyata biang kerok dari kendala itu karena salah satu dari 3 baut pengunci gigi starter ada yang kendur. Letak dari part tersebut ada dalam magnet (gbr.1).

 

Untuk membungkam bunyi-bunyian yang keluar, caranya ternyata gampang lo. Awalannya dimulai dari membuka bak magnet terlebih dahulu. Setelah terbuka, maka akan terlihat 3 buah baut pengunci gigi starter.

 

“Buat mengencangkannya, pakai kunci L bersize 5 mm. Oh ya, pastikan semua baut terkunci dan jangan ada yang kendur agar tidak terdengar bebunyian lagi,” terang Hasan (gbr.2).

 

Memang penyebab terjadinya kendala tersebut, boleh dibilang sepele. Namun, bila itu terjadi jangan dianggap remeh lo. Pasalnya, trouble tersebut bisa merembet pada kerusakan di gigi starter (gbr.3).

 

Dana minimal Rp 600 ribu (buat beli onderdil, belum termasuk jasa servis), harus dirogoh untuk mengganti kerusakan pada gigi starter. Repoot....!

Sumber :Penulis/Foto: Oct / Octa - otomotifnet.com



Sponsored Links

Honda Tiger "Blink-blink" dari Purwokerto
Pemodifikasi motor Win's Paddock Siswo Winoto dari Purwokerto, Jawa Tengah, konsisten pada karyanya ...

Soket Keramik dan Kapasitor Bank buat Motor
Rumah soket sekering dari aki sangat rawan terhadap percikan api karena gampang korsleting. Karena b...

Pemeriksaan akhir:
a) Sepeda motor jenis bebek: (1) Hidupkan mesin. (2) Masukkan gigi persneling satu (motor tidak ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru