Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Bikin Aliran Oli Baru Pada Suzuki Smash


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: KR15/ENDRO



Gbr.1

Rantai keteng Suzuki Smash 110 mudah kendur. Umur penggantian lebih cepat dibanding motor lain. Wajar jika sering jadi pertanyaan pengguna bebek andalan Suzuki itu walau nggak sampai komplain ke pabrikan.

Mekanik yang pernah dapat persoalan rantai keteng itu Herman Lo (Ahon). Dia tunner bengkel Surya Motor Sport (SMS) di Sawangan, Depok. Termasuk Kaka Hidayat, mekanik Suzuki Kaka Racing Team di Pondok Gede, Jakarta Timur. Keduanya tunner yang biasa ngurus motor Suzuki.

“Setahu saya, Shogun 110 dulu aliran oli di camshaft tembus sampai gir keteng. Makanya bisa tahan lama. Kalau di Smash, sepertinya pelumasan keteng cuma andalkan celupan di ruang karter. Terlalu minim,” kompak Ahon dan Kaka yang langsung bisa atasi persoalan itu.


Gbr.2

Oleh mereka, kem punya Smash 110 itu lantas dilubangi. Posisi tepatnya, lubang di bagian tengah poros, mulai dari bubungan sampai gir keteng ditembus pakai mata bor (gbr.1). Tujuannya agar sirkulasi oli di head silinder tidak cuma lumasi bubungan dan pelatuk klep, tapi juga sampai pada gir keteng bagian luar.

“Jangan takut kem nggak bisa ditembus mata bor. Sifat material bagian tengah kem standar sebenarnya empuk. Cuma permukaan luar yang keras hingga susah dipapas,” ungkap Ahon yang dulunya sering papas kem dengan manual.

Tapi biar pelumasan ke bagian kem lain tidak kurang, sewaktu ngebor jangan asal pakai ukuran mata bor. Sebab kelawat gede juga bikin bagian lain kem mudah terkikis. “Idealnya pakai mata bor diameter 3 mm (gbr. 2). Selain ada oli yang melumasi gir keteng, tekanan juga bisa tinggi,” timpal Kaka.

Sumber : Penulis/Foto: KR15/ENDRO - otomotifnet.com



Sponsored Links

Perawatan Spare Part - merawat filter bahan bakar?
Dalam jalur bahan bakar, jika salah satu komponen terhambat maka yang masuk ke mesin menjadi tak opt...

Modification guidance - Bikin sokbreker dobel di Yamaha Mio!
Menganut aliran lowrider ada beberapa bagian yang harus ikut dibenahi seperti sokbreker belakang. Se...

Service Guidance - Deteksi Komstir Thunder 125 Oblak
Cesar Reza, pemilik Suzuki Thunder 125 merasa risih akibat getaran oblak yang ditimbulkan di sekitar...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru