Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Bahaya pasang monosok di Thunder 125?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Atenk / Atenk - otomotifnet.com

Banyak pemilik Suzuki Thunder 125 yang tak puas sama tampilan kaki-kaki belakang, mengaplikasi swing arm beserta sok tunggal (monosok). Itu wajar, sebab suspensi model begitu dinilai lebih stabil dibanding bawaan Thunder yang dual shock.

 

Gambar

Gbr

 

 

 

Eits, tapi ternyata pemasangan monoshock di Thunder enggak bisa sembarangan lo!

"Parahnya kalau posisi lengan ayun dan sok enggak pas, bisa bikin handling jadi enggak karuan," beber Gemma G. Hadis dari bengkel Gege Motor (GM).

 

Lebih lanjut Gemma menambahkan, biasanya penurunan handling dirasakan pada monosok yang memiliki sistem pasang plug and play alias P'NP.

 

"Waktu itu gue pernah pakai arm lokal dipadu sok bawaan Yamaha MX. Gejalanya setang jadi limbung saat motor diajak nikung pada kecepatan tertentu," tambahnya.

 

Masuk akal! Sebab, pada dasarnya sasis Thunder memang tak dirancang untuk monosok! Alhasil peran sokbreker belakang sebagai penopang kekuatan sasis belakang ketika menerima tekanan beban seperti pembonceng jadi hilang (gbr.1).


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

Kelemahan lain, tipe monosok P'NP pada bagian dudukan sok atasnya hanya diikat dua baut. "Itu bisa bikin kedudukan sok ikut goyang saat motor diajak bermanu­ver tajam," bilang Ari Kristanto mekanik dari GMotor yang pernah mengalami beberapa kasus mengenai monosok jadi-jadian ini di Thunder pasiennya.

 

Trus kalau mau tetap aman, gaya dan stabil gimana? Ada dua pilihan! Yakni pertama mengganti sok bawaan pabrik dengan milik Bajaj Pulsar 200. Di kalangan anak klub Thunder, sokbreker itu jadi favorit karena rebound yang dihasilkan lebih keras dibanding bawaan asli Thunder.


Gambar 3

Gbr 3

 

 

Pilihan kedua, silakan aplikasi monosok. Tapi dengan catatan monosok yang dipakai bukan sistem P'NP dan juga jarak sumbu roda dan ketinggian motor jangan sampai berubah.

 

"Selain itu, perhatikan juga posisi kemiringan sok. Posisi sok (gbr.2) yang gak berada tepat di tengah sasis bisa menyebabkan as sok patah.

 

Selain itu, hal tersebut juga bisa bikin posisi ban belakang jadi enggak center dengan bodi dan sasis ketika dipantau dari belakang, (gbr.3) " tutup Gemma.

 

Sumber  :Penulis/Foto: Atenk / Atenk - otomotifnet.com



Sponsored Links

Kap Mesin - Enggak hujan, kaca kok berembun yah!
Pusing rasanya mengemudi tapi pandangan terhalang embun. Padahal lagi enggak hujan! Seperti yang dik...

Ganti Gir Honda Supra Fit, kretek - kretek pun hilang!
Selama ini, Abet Nugraha selalu resik soal perawatan di Honda Supra Fit-nya. Makanya, kalo besutanny...

Subtitusi kampas kopling Yamaha Vega ZR - Vega ZR pakai kampas kopling Jupiter MX / Kharisma..
Jika kita melongok jumlah kampas kopling di Yamaha Vega ZR pasti heran. Kenapa? Sebab, di besutan in...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru