Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Bersih-bersih pipa knalpot yuks!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto:Atenx

Bagian pipa knalpot memiliki peran yang cukup penting. Selain sebagai part penunjang tenaga mesin, peranti penyalur sisa gas buang ini bisa juga menjadi pemanis tampilan kuda besi.

 

Maka itu, tak jarang knalpot dibuat mengilap seperti pada bawaan Suzuki Thunder 125.

 

 

 

Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

 

Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

 

Namun masalah muncul ketika knalpot ini tanpa sengaja terkena bahan plastik atau karet pada saat suhu pipa knalpot puanas! “Plastik akan meleleh dan meninggalkan noda hitam (gbr.1),” ujar Alif dari bengkel Khalif Motor Sport (KMS) di bilangan Rempoa, Jaksel.

 

Wah, kalau sudah begini, gimana cara ngilanginnya? Tenang, mekanik muda ini mau kasih tahu cara mengusir noda bekas plastik dan karet yang membandel pada pipa knalpot. Oh iya, trik ini berlaku pada semua jenis pipa knalpot model krom (gbr.2).

 

Nah langkah awal siapkan dulu bahan-bahannya berupa kain lap halus, bensin dan kompon. Oke langsung saja ya! Langkah awal, silakan cuci lebih dulu bagian pipa knalpot sampai bersih. Nah, dari sini hidupkan mesin dan biarkan suhu pada pipa knalpot memanas seperti biasanya.

 

Dalam keadaan knalpot panas ini, langsung saja lap bagian yang ternodai pakai kain yang udah dibasahi bensin (gbr.3). Saat membersihkan, cukup diusap berapa kali. “Jangan terlalu lama mengusap pipa panas dengan bensin, sebab bisa bikin butek,” ujar Alif.

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

Sampai langkah ini, lanjutkan dengan mengganti kain bersih tanpa bensin. Bersihkan bagian yang tadi diusap dengan bensin. Nah, kalau noda plastik masih ada, ulangi membasuh noda tersebut dengan menggunakan kain yang dilumuri bensin.

 

Kalau sudah bersih, diamkan knalpot beberapa saat sampai suhu pipa kembali mereda. Sampai langkah ini, lanjutkan dengan memoles pipa knalpot dengan menggunakan kompon pada bagian yang terkena noda plastik tadi.

 

Bila sudah oke, langsung saja cuci knalpotnya. “Intinya, jangan membersihkan pipa dengan menggunakan sikat kawat karena bisa berakibat permukaan pipa jadi kusam dan baret-baret (gbr.4),” tutup mekanik melankolis ini.

 

Sumber :Penulis/Foto:Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Solusi jika langsam Thunder 125 ndut - ndutan..
Sebagai salah satu pengguna Suzuki Thunder 125, Salahudin Tshabit selalu murung dan mengeluh. Sebab ...

Modification guidance - Bikin sokbreker dobel di Yamaha Mio!
Menganut aliran lowrider ada beberapa bagian yang harus ikut dibenahi seperti sokbreker belakang. Se...

Pemasangan pegas daun dan peredam kejut
Pemasangan pegas daun dan peredam kejut


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru