Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Buat pelindung sasis belakang - Honda Blade cegah karat datang..


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Iman / Iman

Kalau melihat tampilan dari Honda Blade 110R memang enggak ada matinya.

 

Desain yang ciamik dipadu performa gahar, membuat motor ini jadi impian banyak orang. Tapi coba perhatikan lebih detail di sektor buritan. Khususnya di daerah sepatbor belakang.

 

Yess.. penempatan sepatbor belakang di atas sasis menyisakan sedikit keganjilan alias celah - emang sih, ada jalur buangan air di rangkanya - (gbr.1).

 

Tapi bukan tak mungkin daerah itu malah jadi sarang karat, apalagi di negara tercinta ini beriklim tropis yang notabene tingkat kelembabannya tinggi. Sayang kan, tampilan kuda besi sudah yahud, tapi dihinggapi korosi.

 

Hus... jangan kecewa dulu ah. Kekurangan di sektor belakang ini bukanlah harga mati. Malah bisa jadi media untuk berkreasi mempercantik si ‘mini CBR’ ini. Penasaran, kan? Yuk disimak cara membuat pelindung sasis ini.

 

Pertama, tebus dulu akrilik lembaran yang biasa dijual di toko bahan bangunan seharga Rp 70-100 ribu. Tebus yang ukuran ketebalan 2 mm (gbr.2).

 

”Jangan terlalu tebal karena akan menyulitkan saat akan dipotong,” ucap Maman, mekanik dari Surya Motorcycle Jl. Duren Tiga Raya No.34, Duren Tiga, Jaksel ini sembari bilang, beli akrilik secukupnya saja.

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

  

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Nah, biar pekerjaan lebih mudah dan leluasa, roda belakang harus dibongkar dulu. Setelah itu, bikin mal-malan (gbr.3) di selembar kertas karton. “Jarak di antara sasis ada di kisaran 17 cm mengerucut,” ungkap mekanik kreatif asal kota Tahu,

Sumedang.

 

Bagian yang paling sulit justru saat pemotongan akrilik. “Jangan menggunakan gergaji besi, karena berisiko patah. Mending pakai cutter, bisa lebih rapi dan mudah,” beber pria satu anak ini setengah berbisik.

 

Terakhir, jangan lupa buatkan lubang untuk rumah cable-ties sebagai pengikat akrilik ke sasis. ”Oh iya, lubangnya dibuat pakai solder aja (gbr.4). Lebih praktis dan cepat. Eh tapi ingat, nanti soldernya dibersihkan lagi, ya,” tutup Maman.

 

Sumber :Penulis/Foto: Iman / Iman - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Deteksi Honda Vario Kurang Responsif
Pengguna Honda Vario standar banyak yang nggak sabaran. Gas dibuka setengah, tapi putaran mesin sepe...

Kuras Oli Sok Motor, Ingat Historisnya!
Ganti oli sok atau peredam kejut (shock-absorber) motor enggak bisa dibilang gampang. Lepas sok atau...

Kontak Batin lewat Honda Tiger dan Mega Pro
Wardoyo dan Suswanto ini, saudara bukan dan tinggalnya pun berjauhan. Satu di kotif Depok dan sa...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru