Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Custom Sprocket Fixing Honda Tiger..


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Oct / aant, Octa - otomotifnet.com

Buat pengendara Honda Tiger, coba perhatikan gir belakang.

 

Ada 4 buah besi penahan (sprocket fixing) yang dibaut pada perangkat tersebut 

 

 

Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

Fungsi besi penahan itu, sebagai as saat gir dipasang pada lubang dumper yang letaknya pada teromol bagian kanan.

 

 

"Lalu, supaya gir tidak lepas saat roda berputar terdapat klip pemasangan (circlip). Peranti ini sendiri dipasang pada teromol (gbr.2)," ungkap Turmidji, mekanik bengkel spesialis Tiger, Siantar Motor Sport (SMS), di Bekasi.

 

Dengan seringnya menerima entakan saat motor dibesut, maka tak ayal fungsi dari ke-4 dumper tersebut bisa berkurang. Akibat dari hal tersebut, akan memicu terjadinya speleng pada gear belakang.

 

 

Dari beberapa kejadian, hal tersebut cenderung dibiarkan oleh si pemakai motor. "Padahal, pemakaian terus menerus malah berakibat rumah circlip rompal (gbr.3).

 

Selanjutnya bisa ditebak, sproket belakang tidak punya tahanan lagi dan rawan lepas dari rumahnya," kata pria asli Medan, Sumut ini.

 

 

Nah agar hal itu tidak terjadi, pada beberapa motor konsumennya Turmidji melakukan sedikit ubahan.

 

Caranya, mengubah sprocket fixing dari model tempel, jadi model baut. Ini dilakukan supaya ada 2 tahanan pada gir belakang.

 

Pertama yang sesuai standar pabriknya dengan memanfaatkan circlip dan sprocket fixing yang dibaut pada lubang dumper yang terdapat dari besi.

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 5

Gbr 5

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk dapat melakukan custom itu, sebelumnya Turmidji mengganti dumper lawas dengan yang baru seharga Rp 35 ribu/set (gbr.4). Setelah 4 buat part itu dipasang, kemudian lubang dumper tadi ditap untuk membuat ulir baut ukuran 14 mm (gbr.5).

 

 

 

 

Bila semua proses sudah dilakukan, sekarang tinggal pasang gir belakang dengan baut 14 mm dan jangan lupa pasang juga kancing pengaman pada teromolnya. Tentu juga rogoh kocek Rp 25 ribu buat ongkos jasanya.

 

 

Sumber :Penulis/Foto: Oct / aant, Octa - otomotifnet.com



Sponsored Links

Suzuki Satria FU150 - Satria FU150 bunyi cek..cek..cek.., ganti setelan keteng pakai punya smash biar mantap..
Buat sebagian motormania, punya besutan berkapasitas lumayan gede seperti Suzuki Satria FU 150, eman...

Service Guidance - Cek Kaki-Kaki Penentu Kenyamanan (2)
BALANSING PELEK Beres urusan ban, Dodi Yanto nyaranin cek kesiapan pelek. Pastiin pelek gak oleng da...

Honda Tiger dengan Rangka Knock Down
Enggak ada yang ekstrem dari tampilan Honda Tiger 2003 ini. Namun, builder Irfandi dari bengkel 2XP ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru