|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Di rekomendasikan - Upgrade performa Yamaha Jupiter MX. Rp 4jt naik 7,69 dkNavigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Aant / Aant Meski dibekali teknologi lumayan maju - contoh sudah 4 klep dan berpendingin cairan - tapi ternyata, pemakai Jupiter MX banyak yang mengeluh lewat email Mr. Testo (mr.Testo10@gmail.com), "Performanya masih kurang nendang."
Nah, untuk menjawab curhatan tersebut, Mr. Testo hunting bengkel yang bisa bikin Jupiter MX jadi lebih kencang. Namun sayang, gak mudah.
Sebab menurut beberapa mekanik yang ditemui, basis mesin agak susah dibuat kencang. Lalu perbandingan rasio antar gigi yang terlalu jauh-jauh menyulitkan saat setting gigi akhir.
Untung Mr. Testo ketemu bengkel Mitra2000. Speed shop yang tak asing di telinga para speedfreak, sebab produknya banyak 'menghiasi' arena balap.
Kebetulan di tempat ini ada MX yang telah diupgrade. "Sebagai unit tes jika ada konsumen yang kurang percaya dengan produk yang kami jual," terang Juffry Willar, R&D Mitra2000.
Penasaran sama performanya, Mr. Testo langsung mengajak MX berbaju X1-R ini ke Sportisi Motorsport. Di bengkel yang ada di Jl. Cempaka Putih Raya No.112D, Jakpus ini, tenaga yang dihasilkan diukur pakai dynometer buatan Dyno Jet tipe 250i.
Setelah diuji beberapa kali run, didapat hasil mengejutkan! Tenaga yang dihasilkan 19,02 dk/10.200 rpm, meningkat jauh dari standarnya yang hanya 11,33 dk/8.500 rpm. Sedang torsi dari 11,65 Nm/5.500 rpm meningkat jadi 14,96 Nm/6.700 rpm.
Artinya terjadi kenaikan tenaga 7,69 dk! Sedang torsi naik 3,31 Nm. Pantas saat dites jalan oleh Mr. Testo, kecepatan puncak di spidometer bisa tembus 160 km/jam! Weleh…
Nah ubahan apa saja yang dilakukan workshop di Jl. Lodan Raya No.2, Jakut ini? Mari bedah bersama.
Blok dan Kepala Silinder
Karburator dan Knalpot
Pengapian
Koil juga diganti yang mampu melipatgandakan tegangan lebih besar dari standarnya. Lalu diumpankan pada busi keluaran terbaru yang berteknologi twin iridium.
Kopling dan Transmisi
Bagian transmisi juga diubah, karena bagian ini yang juga banyak dikeluhkan penggunanya. Caranya rasio gigi 4 diperingan agar selisih dengan gigi 3 tak terlalu jauh. Efeknya saat pindah gigi putaran mesin tak terlalu drop.
Penulis/Foto: Aant / Aant Part dan jasa
1. Paket bore up TDR 60 MM
2. Karbu Keihin PE 28 Rp. 750.000
3. Knalpot TDR Rp. 660.000
4. CDI TDR New Editon Rp. 940.000
5. Koil TDR
6. Busi Twin Iridium Rp. 125.000
7. Kampas dan per kopling TDR Rp. 175.000
8. Rasio gigi 4 (21 mata) Rp. 200.000
9. Jasa Rp. 300.000
Total Rp. 4.025.000
Data upgrade perfroma
Standar* Upgrade** Kenaikan Tenaga 11,33 dk / 8.500 rpm 19,02 dk / 10.200 7,69 dk Torsi 11,65Nm/5.500rpm 14,96Nm/6.700rpm 3,31 nm Ket: * :WWW.Yamaha-motor.co.id
Sponsored Links |
Suzuki Spin - Kampas rem depan spin pakai punya Shogun 125, harga sama tapi lebih awet dan irit.. Suzuki Karimun Estilo - Setel kopling karimun estilo, sesuaikan gaya mengemudi anda! Tips : Membersihkan Mesin |
||||||