|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Honda VFR1200F 2010: Motor Pertama di Dunia dengan Kopling GandaNavigation: Otomotif » Tips dan Trik Umum
Sponsored Links
Author: Penulis: - dapurpacu.com LONDON (dp) — Honda Eropa merilis varian baru model VFR1200F yang telah dilengkapi teknologi transmisi kopling ganda (dual clutch). Kehadiran varian baru ini melangkapi jajaran model VFR1200F yang diluncurkan sejak Oktober tahun lalu. Honda mengklaim teknologi kopling ganda pada VFR1200F merupakan yang pertama di dunia diterapkan di sebuah sepeda motor. Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan kopling dan shift secara otomatis. Selain itu, Honda menjamin penggunaan teknologi kopling ganda sama menyenangkannya dengan transmisi otomatis. Meski begitu, teknologi ini lebih mengasikan lantaran biker dapat menseting model pengendaraan sport maupun nyaman yang dikontrol penuh secara elektronik. Honda percaya teknologi kopling ganda merupakan terobosan masa depan yang muncul di hari ini. Pasalnya, VFR1200F memungkinkan biker bebas merasakan pengalaman baru gaya menunggang motor. Transmisi kopling ganda yang dikembangkan Honda dibuat dengan konstruksi padat dan ringan. Hal ini membuat Honda tidak perlu melakukan modifikasi pada unit sepeda motornya yang akan menerapkan fitur ini. Transmisi kopling ganda yang muncul di model VFR1200F dikatakan hampir sama dengan yang dikembangkan untuk mobil. Kendati demikian, lantaran dimensinya yang lebih panjang dari transmisi konvensional, penerapan kopling ganda pada sepeda motor membutuhkan teknik peletakkan yang agak rumit. Honda menjelaskan kerumitan teringgi pengaplikasian transmisi ganda pada sepeda motor terdapat pada pertimbangan ground clearance, pusat gravitasi serta faktor keseimbangan ketika motor menikung. Toh demikian, Honda mampu mengeliminir masalah tersebut pada VFR1200F. Hal ini terjadi setelah Honda berhasil melakukan pengembangan pada desain penggunaan dua batang poros utama serta kolping hidraulik searah. Di samping itu, Honda yang telah membuat 100 paten pada teknologi ini juga membuat menu yang memudahkan pilihan bagi biker. Untuk D-Mode pengguna bisa merasakan releksasi dan hemat bahan bakar. Sedangkan S-Mode menjanjikan pengendaraan sporti. Adapun 6-speed-mode memungkinkan pengendalikan elektronik secara penuh melalui shift-control dengan rasa seperti transmisi manual. [dp]
Sponsored Links |
Mesin Injeksi Pincang - Tak Ada Kabel Soket Pun Jadi Baut magnet kencang, berisik di Satria FU150 hilang? Jual Mobil Mewah Bekas, Untung Rp1 Miliar |
||||||