Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Kawasaki ZX 130 - Upgrade performa ZX130 : tembus 155 km/jam !!!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Aant / Aant

Setelah di tiga edisi lalu membahas bebek-bebek super dari pabrikan Honda, Suzuki, dan Yamaha. Pada edisi ini Mr Testo kasih tahu bagaimana bisa meng-upgrade performa Kawasaki ZX-130. "Soalnya ada pembaca yang minta," katanya.

 

 

 

 

 

Untuk itu Mr. Testo mesti keliling mencari tahu, di mana yang bisa bikinlari bebek bertangki di dada ini jadi lebih kencang. Eureka... Rujukan beberapa rekan serta rekomendasi dari awak klub, bermuara ke bengkel New Motor Mania (NMM) di Jl. HR. Harsono RM No. 32 Ragunan Pasar Minggu, Jaksel.

 

Bengkel yang terletak di samping pos polisi Ragunan ini, mekaniknya ternyata memang jagoan mengorek motor 4 tak. Nah salah satu garapannya adalah ZX 130 milik Ari Soesatiyo, yang mendapat predikat terkencang di Jakarta. Hal ini tak disanggah oleh rekan-rekannya di klub ZX Rider (ZXR).

 

Apa yang dilakukan M. Fauzi, mekanik dari bengkel New Motor Mania, sehingga motor berkelir hijau ini saat dites bisa menorehkan angka 155 km/jam? Sedang saat diukur tenaga pakai dynamometer Dyno jet tipe 250i milik Sportisi Motorsport, terukur sebesar 10,12 dk/7.400 rpm sedang torsi 10,71 Nm/6.000 rpm.

 

Blok dan Kepala Silinder


Pertama yang dijamah membesarkan volume silinder. "Tak terlalu ekstrem kok, cuma pakai seher Blitz Joy over size 100, berdiameter 57 mm," terang mekanik yang biasa disapa Oghay ini. Sehingga volumenya jadi 156 cc.

 

Mendukung agar akselerasi cepat, kompresi dinaikkan. Kepala silinder mengalami pemapasan 0,8 mm. Sedangkan blok silinder dikurangi 0,5 mm. Berapa kompresinya sekarang? "Duh belum diukur," tutur mekanik berambut lurus ini. Lalu jalur keluar masuk bahan bakar cukup diporting & polish.

 

Karburator dan Knalpot


Pengatur campuran bahan bakar dan udara masih menggunakan Keihin PE 28. Dijodohkan dengan intake manifold berbahan babet yang lebih pendek. "Agar bahan bakar cepat sampai ruang bakar, juga tak gampang patah," lanjutnya.

 

Pelepas gas buang pesan khusus, rancangannya sesuai hitungan Oghay, karakternya disesuaikan dengan kemauan pemilik motor.

 

 

 

Gambar 1

 

 

 

 

Gambar 2

 

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

 

 

Gambar 4

 

 

 

 

Noken As


Jantung pengatur bukaan klep ini mesti dimodifikasi. "Bagian pantat dipapas 1 mm baik in maupun out, tapi durasinya belum diukur, yang penting setelah terpasang karakter tenaga lebih menonjol saat di putaran mesin menengah sampai atas," tambah mekanik muda ini.

 

Kopling


Sistemnya dibikin manual. "Kampasnya pakai bawaan Honda Tiger, awet dan tak mudah selip, dimensinya kebetulan sama," urai mekanik yang berbadan irit ini. Lalu per pakai yang lebih keras untuk meminimalisir terjadinya selip.

 

Pengapian


Jurus yang tak kalah penting pada sektor pengapian. CDI pakai keluaran BRT tipe Dualband.

 

"Dari beberapa kali nyoba, ini yang paling cocok. Baik dari karakter tenaga yang dirasakan juga nafasnya yang lebih panjang dari standarnya. CDI asal Cibinong ini dikawinkan dengan koil merek Protec, apinya bisa sampai 2 cm," imbuhnya.

 

Gambar 5


Part dan jasa

 

 

 

1. Piston kit + korter


Rp. 225.000

 

 

2. Karbu Keihin PE 28

Rp. 550.000

 

 

3. Intake manifold

Rp. 50.000

 

 

4. Ubah kopling

Rp. 400.000

 

 

5. Kampas kopling Tiger


Rp. 100.000

 

 

6. Per kopling KRT

Rp. 130.000

 

 

7. Knalpot

Rp. 150.000

 

 

8. CDI BRT dualband


Rp. 400.000

 

 

9. Koil Protec

Rp. 220.000

 

 

10. Jasa

Rp. 500.000

 

 

Total

Rp. 2.725.000

 

 

 

 

 

 

Data upgrade perfroma

 

 

 

 

Standar*

Upgrade**

Kenaikan

Tenaga

9,1 dk / 8.500 rpm

10,12 dk / 10.200

1,02 dk

Torsi

9,4 Nm/5.500rpm

10,71 Nm/6.700rpm

1,31 nm

Top speed


110 km/jam

155 km/jam

45 km/jam

 


Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com


aldonurmansyah@yahoo.com commented on 29 Sep 2012, 21:53:17
pak saya aldy dari medan, mau tanya soal motor saya kawasaki zx 130c, saya mau pasang Kopling di zx saya ? dimana saya cari bak kopling manualnya khususnya di wilayah medan? intake manifold merek apa??,& knalpot merek apa yang cocok untuk zx 130 saya ??
apakah pakai CDI BRT dualband bisa lansung pasang ?
sekian terima kasih



Sponsored Links

Service Guidance - menyetel komstir Suzuki Thunder 125?
Ada yang aneh dirasakan Caesar Reza pada tunggangannya, Suzuki Thunder 125. Ceritanya begini, bebera...

Knalpot Vector buat Skutik dan Helm KYT dari DMI
AHRS punya knalpot baru untuk skubek dan desainnya sangat manis, sedangkan DMI menyodorkan helm half...

Yuk, Pasang LED Sendiri pada Mobil
Ketika berjalan di siang hari dalam kondisi hujan lebat atau berkabut dengnan mobil, dibutuhkan caha...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru