|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Kawasaki ZX 130 - Upgrade performa ZX130 : tembus 155 km/jam !!!Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Aant / Aant Setelah di tiga edisi lalu membahas bebek-bebek super dari pabrikan Honda, Suzuki, dan Yamaha. Pada edisi ini Mr Testo kasih tahu bagaimana bisa meng-upgrade performa Kawasaki ZX-130. "Soalnya ada pembaca yang minta," katanya.
Untuk itu Mr. Testo mesti keliling mencari tahu, di mana yang bisa bikinlari bebek bertangki di dada ini jadi lebih kencang. Eureka... Rujukan beberapa rekan serta rekomendasi dari awak klub, bermuara ke bengkel New Motor Mania (NMM) di Jl. HR. Harsono RM No. 32 Ragunan Pasar Minggu, Jaksel.
Bengkel yang terletak di samping pos polisi Ragunan ini, mekaniknya ternyata memang jagoan mengorek motor 4 tak. Nah salah satu garapannya adalah ZX 130 milik Ari Soesatiyo, yang mendapat predikat terkencang di Jakarta. Hal ini tak disanggah oleh rekan-rekannya di klub ZX Rider (ZXR).
Apa yang dilakukan M. Fauzi, mekanik dari bengkel New Motor Mania, sehingga motor berkelir hijau ini saat dites bisa menorehkan angka 155 km/jam? Sedang saat diukur tenaga pakai dynamometer Dyno jet tipe 250i milik Sportisi Motorsport, terukur sebesar 10,12 dk/7.400 rpm sedang torsi 10,71 Nm/6.000 rpm.
Blok dan Kepala Silinder
Mendukung agar akselerasi cepat, kompresi dinaikkan. Kepala silinder mengalami pemapasan 0,8 mm. Sedangkan blok silinder dikurangi 0,5 mm. Berapa kompresinya sekarang? "Duh belum diukur," tutur mekanik berambut lurus ini. Lalu jalur keluar masuk bahan bakar cukup diporting & polish.
Karburator dan Knalpot
Pelepas gas buang pesan khusus, rancangannya sesuai hitungan Oghay, karakternya disesuaikan dengan kemauan pemilik motor.
Noken As
Kopling
Pengapian
"Dari beberapa kali nyoba, ini yang paling cocok. Baik dari karakter tenaga yang dirasakan juga nafasnya yang lebih panjang dari standarnya. CDI asal Cibinong ini dikawinkan dengan koil merek Protec, apinya bisa sampai 2 cm," imbuhnya.
1. Piston kit + korter
2. Karbu Keihin PE 28 Rp. 550.000
3. Intake manifold Rp. 50.000
4. Ubah kopling Rp. 400.000
5. Kampas kopling Tiger
6. Per kopling KRT Rp. 130.000
7. Knalpot Rp. 150.000
8. CDI BRT dualband
9. Koil Protec Rp. 220.000
10. Jasa Rp. 500.000
Total Rp. 2.725.000
Data upgrade perfroma
Standar* Upgrade** Kenaikan Tenaga 9,1 dk / 8.500 rpm 10,12 dk / 10.200 1,02 dk Torsi 9,4 Nm/5.500rpm 10,71 Nm/6.700rpm 1,31 nm Top speed
155 km/jam 45 km/jam
aldonurmansyah@yahoo.com commented on 29 Sep 2012, 21:53:17 Sponsored Links |
Service Guidance - menyetel komstir Suzuki Thunder 125? Knalpot Vector buat Skutik dan Helm KYT dari DMI Yuk, Pasang LED Sendiri pada Mobil |
||||||