|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Menguji Ketangguhan Hyundai H-1 di Jalur PanturaNavigation: Otomotif » Mobil - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis: AGK - otomotif.kompas.com Hyundai H-1, satu-satunya MPV mewah yang mengandalkan mesin diesel.
Posisi menyetir yang nyaman. Tongkat transmisi gampang digapai.
Perjalanan tes Hyundai H-1 menyeberang feri antara Gilimanuk dan Ketapang dan jalan tol.
Interior dan bagasi yang lega
- Ketangguhan Hyundai H-1 dibuktikan dengan serangakai tes menempuh jarak 2.741 km yang diselenggarakan ATPM-nya, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) dengan tajuk Hyundai H1 CRDi Java Bali Overland 2010.
Tes dibagi dua etape, Semarang-Bali dan Bali-Jakarta. KOMPAS.com mendapat kesempatan pada etape kedua, jalur pantai utara 1.285 km pada 15-17 Maret 2010. Perjalanan dimulai dari Hotel Hard Rock, Kuta, Bali, Jumat (16/4) pukul 7.10 WITA. KOMPAS.com berada pada H-1 tipe XG sleek silver dengan empat media otomotif nasional dan seorang panitia. Di Belakag Setir Transmisi otomatis shiftronic 5-percepatan, menghasilkan perindahan antar gigi yang halus. Masu santai, cukup memposisi tongkat transmisi pada D. Bila ingin bergaya manyual, geser ke kiri, lantas gerakan ke atas (+) untuk meningkatkan tenaga dan (-) menggemudi santai dan ekonomis. MPV ini bisa diajak santai karena kemampuan mesih dieselnya menghasilkan torsi, 392 Nm @2.000-2.500 rpm. Kinerja turbo baru dirasakan saat jarum tachometer mencapai angka 2.000. Stabilitas MPV ini cukup baik pada kecepatan tingi dan tak terasa limbung. Hanya, diperlukan perhitungan lebih cermat saat menyusul karena dimensinya yang bongsor. Kabin Tengah Rombongan melaju bersama menyusuri jalur pantai utara Pulau Jawa yang disebut Jalan Raya Pos (Groote Postweg) yang dibangun Gubernur Jenderal Deandles pada 1808 . Kota yang dilintasi, di Jawa adalah Banyuwangi, Sidoarjo, Surabaya, Gersik, Tuban, Rembang dan bermalam di Semarang. Tak banyak tanjakkan, turunan, atau tikungan tajam dihadapi pada jalur ini. Kendati demikian, rute ini membuat suspensi mobil seharga MPV Rp417 juta ini bekerja keras karena permukaan jalan tidak rata. Sesekali lubang besar membanting penumpang, namun masih tetap dalam batas nyaman. Duduk pada baris ketiga bangku penumpang belakang, ternyata menghasilkan kenyaman terbaik. Ruang lapang memungkinkan kaki selonjoran dan menekuk sandaran rebah hingga 85 persen. Bisa mencapai 100 persen, dengan catatan tak ada barang di bagasi belakang. Perjalanan menuju Jakarta dilanjutkan Sabtu (17/4), mulai pukul 09.00 WIB, dari hotel Novotel, Semarang. Memasuki tol baru milik Grup Bakrie di Pejagan, H-1 CRD-i sempat dibesut hingga menyentuh kecepatan maksimal 160 kpj. Selama perjalanan, dari perhitungan kasar, konsumsi bahan bakar (solar), rata-rata sekitar 10 km/liter. Kesimpulan, dibandingkan demgan MPV sekelas, H-1 menawarkan kelebihan, fungsional, kenyamanan dan "value fo money", baik harga maupun biaya operasional.
Sponsored Links |
Modifikasi Guidance - Dongkrak Performa Honda Blade 110R Merawat Bodi - Hapus Baret Halus Handel Pintu Modifikasi Guidance - Pasang Nipel Lengan Ayun Scorpio |
||||||