|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Modification Guidance - membikin knalpot slip on di Honda BeAT?Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Pemasangan dan Merakit
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto : Atenx
Pernah dengar istilah slip on (SO)? Idiom ini sering banget digunakan untuk menyebut model knalpot yang bisa dicerai jadi beberapa bagian. Nah, knalpot model begini paling sering diaplikasi untuk keperluan balap.
Seiring berkembang populasi skutik yang kian meningkat, model SO kini sudah mulai diproduksi beberapa produsen knalpot aftermarket. Tujuannya kini bukan hanya untuk sekadar gaya, tapi lebih ke efisiensi waktu saat bongkar pasang roda belakang.
Tapi ya itu, model SO baru tersedia pada knalpot aftermarket. Artinya, Anda pun harus beli peranti itu dengan yang baru. "Idealnya, knalpot skutik itu emang dibuat tipe slip on. Jadi kalo mau lepas ban belakang, cukup buka silencer-nya aja," ujar Mulyadi Sadeli dari bengkel AA Service (AAS).
Tapi jangan khawatir, kalau ogah beli produk aftermarket, saluran gas buang bawaan pabrik juga bisa dibikin ala SO, lo! Nah, buat yang mau bikin knalpot standar BeAT jadi bisa dibongkar pasang, pria berambut gondrong ini mau kasih tahu cara bikinnya.
Oke, langkah awal siapkan dulu pipa selongsong berdiameter 24,5 mm sepanjang 3 cm. Setelah itu, langsung potong pipa knalpot dekat pegangan peredam (gbr.1). Nah buat patokannya, silakan tarik garis sepanjang 2 cm ke arah silencer dari lekukan pipa paling akhir.
Kalau knalpot sudah terbelah dua, lanjutkan dengan mengikis bagian pegangan silencer sebanyak 1,5 cm (gbr.2). "Hal itu dilakukan agar selongsong bisa masuk lebih dalam nantinya," jelas pria humoris ini.
Sudah dikikis? Oke, lanjut! Masukkan selongsong yang sudah disiapkan tadi ke dalam pipa standar sedalam 1 cm. Kalau dihitung pakai sigmat dari sisi dalam, sisa selongsong yang bakal mengikat pipa nantinya adalah 2 cm.
Nah, sampai tahap ini lanjutkan dengan mengelas pipa secara melingkar di bagian bibir selongsong (gbr.3). "Saat pengelasan, pastikan selongsong terpasang dengan kuat pada pipa bawaan standar," wanti pria yang berbicara dengan logat Sunda ini.
Langkah terakhir, tinggal merakit lagi knalpot seperti sediakala. Eits, tunggu dulu! "Agar knalpot gak gampang oblak dan bocor, silakan ikat pipa knalpot pada bagian sambungan dengan memanfaatkan klem (gbr.4)," tutup Mulyadi. Gampang kan?
Sumber :Penulis/Foto : Atenx - otomotifnet.com Sponsored Links |
Subtitusi kampas kopling Yamaha Vega ZR - Vega ZR pakai kampas kopling Jupiter MX / Kharisma.. Jual Mobil Mewah Bekas, Untung Rp1 Miliar Penyetelan Rantai |
||||||