Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification guidance - Sepatbor Vario untuk Beat?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Teguh/Teguh

Ada cara mudah bikin bagian depan Honda BeAT jadi lebih keren. Caranya, ganti sepatbornya pakai punya Vario. "Sebab punya aslinya terlalu cungkring alias kurus. Sehingga tongkrongan depan skutik ini tampak menganga," aku Tri Agus pemilik BeAT 2008.

 

Gambar

 

 

Selain itu menurutnya, as sok depan juga dapat terlihat dengan jelas. "Wah terkesan kosong, deh!" tambahnya. Maka, ia pun bertemu sama Julius Johny dari Jhony Holle Motor (JHM) untuk mengubah sepatbornya itu.

 

Seperti disinggung di atas, Julius pakai sepatbor Vario. "Bisa tambah gaul, lo," ujar Om Jhon sapaan akrab pria ramah ini.

 

Buat memadukan sepatbor yang dihargai sekitar Rp 75 ribu itu, perlu sedikit pengelasan. Karena bentuk pegangan dari segitiga Vario berbeda dengan BeAT dan bahannya pakai pelat setebal 2 mm yang menyiku.

 

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

"Kalau gak mau dilas, terpaksa segitiga harus diganti punya Vario asli, tapi biayanya jadi lebih mahal dan ribet pemasangannya," papar pria bermarkas di Jl. Karya Barat 2, Gg. 2 No.56, Daan Mogot, Jakbar.

 

Sekarang tebus dulu sepatbor tadi di toko spare-part. Lalu, kita ke proses kerja. Pertama, bagian cover depan dan dudukan pelat nomor dibuka dengan kunci ring 10 mm (gbr.1). Lalu lanjutkan lepas baut cover belakang dengan obeng kembang.

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

 

Nah, untuk penyambungan pelat bisa dilas listrik atau karbit. "Bagusnya sih, dilas listrik biar kuat terus pelatnya dibor ukuran baut 10," sarannya (gbr.2).

 

 

Sebelum dilas, ukur jarak pelat dengan lubang sepatbor di segitiga, agar sepatbor gak miring dengan ban depan.

 

Selesai pelat dilas dengan pas, untuk pengikat sepatbor pakai baut ukuran 10 seperti standar Vario (gbr.3), agar enggak goyang.

 

 

"Kalo mau tampilan makin mantap, sepatbornya bisa dipotong sedikit di ujungnya sekitar 2-3 cm pakai gerinda," tutupnya.

 

Bila sudah kelar, tinggal pemasangan lagi dan langkahnya kebalikan waktu membuka cover depan tadi. Awas, jangan sampai lupa untuk memasang kembali soket-soket lampu.

 

Sumber :Penulis/Foto: Teguh/Teguh - otomotifnet.com



Sponsored Links

Djarum Black Tips - Deteksi Mesin Lewat Warna Oli
Mengetahui kerusakan mesin sejak dini bisa mencegah keluarnya ongkos lebih banyak. Coba bayangin sea...

Kawasaki KLX 150S - mengtasi kopling Kawasaki KLX 150S selip, harus dilubangi?
Banyak pengendara Kawasaki KLX 150S mengeluh koplingnya mudah selip. Salah satunya Yopi. "Umurnya ba...

Kuras oli transmisi matik?
Walau diklaim bebas perawatan, namun transmisi matik tetap saja mesti dipelihara agar usianya panjan...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru