Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Paket pasang monosok di Honda Vario!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Pidav/Pidav - otomotifnet.com

Jika Anda sudah menganut aliran lowrider, tentu akan lebih asyik kalo mengadopsi sokbreker belakang model monosok. Pasti tampilan motor akan lebih simpel.

 

 

Gambar

Gbr

 

 

 

 

 

Seperti dipikirkan Agung, "Memang dari dulu saya sempat mau pasang monosok. Tapi bisa enggak ya, secara kolongnya kan sempit?" bilang warga Banjar Wijaya, Tangerang.

 

Nah, dari pada setres, ia segera berangkat menuju tempat modifikator kenalannya.

 

"Bisa kok, dananya cuma Rp 600 ribu yang terdiri dari sok Suzuki Satria 2-Tak berikut braket-braketnya. Tapi perlu cara khusus sewaktu pemasangan, gak maen templok, dong," canda Robby sekaligus pemilik bengkel modifikasi Studio 9.

 

Tanpa pikir panjang, Agung pun langsung setuju. Tapi sebelum memulai praktik, kita siapkan dulu peralatannya yaitu obeng kembang, kunci T-10, L-14, kunci ring 16. Kalau sudah, parkir motor Anda dulu dan pasang standar tengahnya.


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertama, lepas semua baut bodi belakang yang menempel dengan obeng kembang. Setelah itu, kendurkan dan lepas empat baut yang berada di dalam bagasi memakai kunci T-10.

 

"Oh iya, boks saringan udara juga harus dicopot. Sebab menghalangi jalur sok yang akan kita pasang," pesannya sambil melepas semua baut boks filter udara dengan obeng kembang (gbr.1).

 

Sekarang mengatur posisi sok yang pas. "Untuk dudukan sok bawah pakai braket yang berbentuk huruf U dari pelat baja setebal 8 mm. Posisinya kita taruh tepat di atas blok mesin," ucapnya. Sebagai pengancingnya, dipasang 2 baut ukuran 10 di kanan kiri dengan kunci ring 10 (gbr.2).

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

Ia menambahkan. Kalo untuk pegangan soknya menggunakan baut 14 panjang yang diselipkan antara lubang sok dan braket sebagai pegangannya. Agar sok tidak bergeser, mesti dijepit dengan mur 16 memakai kunci ring 16 (gbr.3).

 

Giliran atas. "Rangka belakang kanan mesti dibor dan dimasukkan pipa besi berdiameter 16 mm yang ujung bagian dalamnya berdrat.

 

Drat ini akan dikawinkan dengan baut L dengan kunci L -14 sebagai penjepit anting sok atas dan berikut bos ring supaya posisi sok enggak berubah," katanya.

 

Selesai, cek lagi semua baut pegangan monosok tadi sebelum memasang bagasi Honda Vario, lalu kita rakit ulang semua bodi dan harus terpasang dengan kuat dan benar.

 

Sumber :Penulis/Foto: Pidav/Pidav - otomotifnet.com



Sponsored Links

Jika baut mengikat bermasalah - Colok, bor atau ketok!
Kalau ngomongin baut enggak ada habisnya, dari yang kecil sampai besar. Tentu kesemuanya tak bisa di...

Toyota Soluna (2) - Bagaimana merawat kaki-kaki dan mesin Soluna yah?
Berbicara soal kaki-kaki, boleh dibilang sedan 1.500 cc ini tergolong 'badak' alias kuat. Tak heran,...

10 Jurus Rawat Mesin Agar Mudik Indah
Mesin adalah nyawanya mobil. Sekarang ini ada dua macam dapur pacu, bensin dan diesel. Satu sama lai...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru