|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Peratawan Mesin - Prosedur ,menganti oli mesin?Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Pidav Ritual yang wajib dilakoni agar mesin motor kesayangan tetap awet adalah dengan mengganti oli mesinnya, sesuai aturan.
Bahkan sudah ditulis di buku servis dari pabrikan yang tidak boleh dilanggar; ganti setiap kelipatan 2.500 km. Meski begitu, kadang motormania kerap mengabaikan hal tersebut.
Efeknya, sudah pasti berakibat buruk bagi dapur pacu. Nah, agar tidak salah persepsi, kita ikuti panduan dari para ahli di bidangnya. Sok atuh Kang...
Batas Maksimum
Gambar 1
Nah, acuan ini pun kemudian jadi patokan para produsen oli dengan cara membuat takaran yang sama dalam kemasan olinya.
Tapi ya itu, tetap saja ada yang bandel. Harusnya 800 ml diisi penuh 1.000 ml, dengan alasan karena sayang akan sisanya, "Pengisian harus ada antara low dan full," wanti Dika, kepala bengkel servis Bajaj Pulsar wilayah Kelapa Dua, Jakbar (gbr.2).
Gambar 2
Jika batasan tersebut diabaikan, tak mustahil akan memicu terjadi kerusakan pada beberapa sektor lain. Terutama kerja pompa oli jadi berat akibat kepenuhan pelumas dan berimbas pada akselerasi motor menjadi lemot!
Panas Vs Dingin
Contoh saat panas, kekentalan oli sedang berubah encer. Keuntungannya, kotoran yang larut di dalam mesin (ikut oli), akan terbuang lewat lubang pembuangan.
Cuma ya itu, gantinya mesti hati-hati. "Jangan sampai tangan Anda malah tersengat panas. Atau kalau mau aman, ya saat kondisi hangat, deh," kata Agus Kristanto, kepala bengkel AHASS di Pos Pengumben, Jakbar. "Sebaliknya, saat memasang baut penutupnya, saat mesin dingin. Karena kalo sebaliknya, baut akan mudah patah." (gbr.3).
Gambar 3
Perlu Disemprot Kompresor?
Gambar 4
Kalau gak ada filternya? "Cukup dibungkus kain pada ujung semprotannya tapi jangan terlalu tebal, kalau enggak pakai, bisa bikin karat jeroan mesin," jelas M. Haris, mekanik Suzuki Jl. Panjang Kebon Jeruk, Jakbar.
Sumber :Penulis/Foto: Pidav - otomotifnet.com Sponsored Links |
Service Guidance - Cek Pengisian Aki Motor Perawatan Eksterior - Poles noda di bagian pelek! Soket Keramik dan Kapasitor Bank buat Motor |
||||||