|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Perawatan Roda - Delapan cara menjaga tekanan pada angin!Navigation: Otomotif » Mobil - Perawatan
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Rudy/Robert Silaban
Selain memperhatikan kondisi mesin dan interior, sebaiknya anda juga memperhatikan tekanan angin ban. Berikut ini beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan angin pada ban mobil anda.
Pastikan setiap seminggu sekali memeriksa tekanan angin. Bisa memakai tire gauge/pengukur tekanan angin pribadi, yang bisa dibeli di toko-toko otomotif terdekat.
Saat pengisian angin, lebihkan 1 Psi, untuk antisipasi kekurangan 1 Psi, saat ujung tyre inflator (pengisi angin ban, Red) dicabut.
Untuk ban baru, harus lebih sering memeriksa tekanan anginnya. Pengukuran harus dilakukan setidaknya sampai menempuh jarak 3.000 kilometer, mengingat bentuk ban baru yang masih bisa berubah-ubah.
Pengisian angin harus dalam kondisi ban yang dingin, biar tercapai angka yang sebenarnya. Hal ini untuk menghindari tekanan udara yang naik di dalam ban, yang ikut mempengaruhi volume udara yang diisikan.
Disarankan mengganti udara/oksigen (O2) dengan nitrogen (N2), dengan dasar pertimbangan sifatnya yang stabil. Ditambah berat jenis yang berbeda (lebih ringan) dan berpartikel besar, membuat ban ber-nitrogen tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering.
Untuk ban tubeless, bisa aplikasi sedikit cairan penambal. Fungsinya untuk lebih merekatkan pori-pori ban dan melindungi dari tusukan benda tajam. Cairan tersebut juga akan melindungi bagian dalam ban dan velg yang bersentuhan, untuk mengantisipasi bocor halus.
Ketika menyetir harus lebih sering hindari lubang dan jangan bawa bobot yang berat-berat.
Selalu pakaikan tutup pentil di semua ban, biar potensi bocor karena kerikil terselip bisa dikurangi.
"Wajib perhatikan beban yang diterima, agar fungsi ban jadi optimal," ingat Agus Sarsito.
Pastikan N2 yang asli, dengan mengecek kembali setelah beberapa kilometer ketika baru diisi. Jika tekanannya jauh makin tinggi, bisa dipastikan N2 tersebut palsu.
Prosedur Isi Angin Nitrogen
Langkah utama, tentu menguras terlebih dahulu isi oksigen yang bersemayam di dalam ban hingga habis. Caranya dengan membuka isi pentilnya. Kemudian isi dengan N2 hingga sekitar 70% tekanan rekomendasinya, dan kempiskan kembali.
Setelah itu baru isi kembali dengan N2 sampai tekanan ideal. Jangan lupa pasang kembali isi pentil, dan kencangkan. Pastikan tak ada bagian yang bocor.
Proses yang memakan 2 kali kerja ini, adalah untuk memastikan tak ada lagi oksigen dan uap air yang terperangkap di dalam ban, sebelum penggantian dilakukan seluruhnya untuk N2. Biasanya untuk proses penggantian ini, bengkel menetapkan harga Rp 10-20 ribu per ban-nya.
Sumber :Penulis/Foto: Rudy/Robert Silaban - otomotifnet.com Sponsored Links |
Black Auto Tips - Ciri Mobil Bekas Boros BBM Service Guidance - Modal Angin Bersihkan Washer Suzuki Skywave, Sokbreker Tunggal Depan-Belakang |
||||||