Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Recommended : Honda Supra X 125 - upgrade performa Supra X125: Modal Rp 1,6jt, tambah power 1,78 DK


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Aant / Aant

Minggu lalu pembaca setia bernama Hutomo Nugraha Irianto bertanya soal upgrade performa Supra X 125, juga bengkel yang direkomendasikan. Pertanyaan sama juga masuk ke e-mail Mr. Testo (mr.testo10@gmail.com).

 

Nah demi memuaskan pembaca, Mr. Testo pun mencari bengkel yang piawai mengorek bebek 125 cc ini, tentu dengan spek harian dan biaya yang bersahabat. Tak lupa juga dilakukan pengukuran tenaga pakai dynometer, sehingga klaim kenaikan tenaga tak hanya berdasarkan feeling saja.

 

Untuk itu Mr. Testo menyambangi bengkel Bintang Racing Team (BRT), yang cukup disegani di arena road race. Sebab bisa mengantar Supra X 125 memenangi berbagai ajang kejuaraan nasional. Dan juga pernah membuat paket performa bagi Supra X 125.

 

 

Gambar 1
Knalpot free flow, dukung pembuangan lancar

 

 

Gambar 2
Noken as dengan durasi dan angkatan lebih besar

 

Gambar 3
Mapping CDI Di Pilih Yang Tune-Up

 


Lubang inlet di geser agar aliran bahan bakar lebih deras

Gambar 4

 

Namun tentu saja spek ubahan tak seheboh besutan balap, cukup memaksimalkan komponen standar dan mengganti beberapa part inti.

 

Apa saja yang diubah sehingga ketika diukur dengan Dynojet tipe 250i milik BRT, terukur tenaga naik dari 7,74 dk/7.000 rpm jadi 9,52 dk/7.700 rpm. Grafik tenaga pun sejak 4.000 rpm sudah lebih tinggi dari standar, bahkan hingga 10.000 rpm masih di atas 8 dk.

 

Untuk lebih jelasnya, mari dibedah satu per satu oprekan bengkel di Jl. Mayor Oking No.102, Cibinong.

 

Kepala Silinder


Fokus pada saluran masuk dan buang. Tak cukup dengan porting dan polish, namun juga menggeser lubang masuk ke arah luar sebanyak 2 mm. Caranya, membesarkan lubang ke arah luar, lalu mengelem sisi dalam agar diameter tetap seperti standar. Intake manifold juga mesti disesuaikan.

 

"Itu agar aliran campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar lebih cepat dan banyak," terang Suwar, mekanik BRT. Efeknya tentu saja ledakan di ruang bakar akan lebih besar, tenaga pun meningkat.

 

Karburator & Knalpot


Peranti pengabut bahan bakar tetap pakai standarnya, hanya saja buat mengimbangi ubahan pada kepala silinder, dimaksimalkan lewat cara mereamer 2 mm, sehingga kini venturinya jadi 20 mm. Setingan spuyer juga mesti dinaikkan, pilot jet jadi 40 dari standarnya 35, sedang main jet dari 75 jadi 80.

 

Dengan komposisi demikian, air fuel to ratio (AFR) atau perbandingan bahan bakar dan udara menjadi stabil. Terbaca di grafik tak terlalu kaya atau miskin, berada di angka 14:1. Sedang angka stokiometrinya 14,7:1.

 

Knalpot cukup pakai produk aftermarket yang berkarakter free flow agar pembuangan lebih lancar. Salah satunya buatan AHRS dengan tipe F3.

 

Noken As


Diganti buatan BRT, komponen yang plug and play ini karakternya baik angkatan maupun durasi lebih besar dari standarnya. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar pun jadi lebih deras. "Per klep cukup pakai standarnya, sedang setelan klep baik in maupun out pakai 0,05 mm," lanjut mekanik asli Semarang, Jateng ini.

 

Pengapian


Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sudah banyak, jika tak terbakar semua tentu percuma.

 

Makanya perlu didukung sistem pengapian yang lebih mumpuni dari standarnya. Dipilih buatan BRT tipe Neo Dualband. "Karena speknya sudah meningkat, maka grafiknya dipilih yang tune-up," tambah mekanik ramah ini. Sedang koil sesuai rekomendasinya, tetap pakai standar.

 

 

Gambar 5

 


Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com



Sponsored Links

Atur kedipan sein : Terlalu rapat, jadi genit deh...
Pernah liat lampu sein motor kedipnya lama atau terlalu cepat?. Hal tersebut memang terlihat sepele,...

Service Guidance - Obat Central Lock Avanza Ngadat
Gejala central lock (CL) Toyota Avanza ngadat rupanya mulai menjamur. Ditandai dengan tidak bekerjan...

Modification Guidance - Sulap Lampu Belakang Jazz Modal 150 Ribu
Siapa tak kenal Noblesse, tuner Jepang yang punya konsentrasi penuh mendandani Honda Jazz baru (tipe...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru