|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Self Diagnosis Yamaha V-Ixion - Deteksi Sensor Tak FungsiNavigation: Otomotif » Tips dan Trik Umum
Sponsored Links
Author: Penulis/foto : Zoelis - otomotifnet.com Salah satu keunggulan motor berbasis fuel injection seperti Yamaha V-Ixion yaitu kemampuan ECU membaca fungsi sensor-sensor sebelum mesin dihidupkan. Bahkan jika terjadi kerusakan atau masalah pada sensor-sensor, maka ECU bisa memberi tahu kepada pengendara lewat kedipan lampu indikator mesin yang terdapat pada panel speedometer (lihat foto). "Teknologi ini dinamakan self diagnosis. Mesin normal jika sesaat setelah kontak ON, lampu indikator menyala lalu mati kembali. Tetapi apabila lampu indikator berkedip berarti ada masalah pada sensor-sensor V-Ixion," beber Muhamad Abidin, manager technical department PT Yamaha Motor Kencana Indonesia. Jumlah kedipan berbeda jumlahnya tergantung jenis sensornya. Lampu menyala selama 1 detik berarti nilai 10. Sedangkan menyala 0,5 detik mendapat nilai 1. Contoh jika kode kerusakan 13 (intake air pressure sensor). Angka 13=10+3, berarti lampu menyala 1 detik sebanyak 1 kali kemudian disusul menyala 0,5 detik sebanyak 3 kali. Sponsored Links |
Trouble Shooting - Cek CDI dan Koil Mati Bersih-Bersih Karat - Treatment Musim Hujan Break in rem : Tahapan supaya cakram awet? |
||||||