Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service besar motor - Menakar biaya servis besar sepeda motor


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Banar / Banar

Motor dipakai tiap hari pasti banyak perubahan pada kinerja komponen. Makanya, selain perlu diservis berkala, juga servis besar (SB) pada periode tertentu agar fungsi onderdil kembali fit. Waktu umumnya di atas 2 tahun atau sekitar 40.000-50.000 km, sesuai pemakaian.

 

"Sehingga kondisi besutan kembali normal bak saat keluar dari pabrik. Alhasil performa maupun tenaga tetap maksimal dan tak loyo lagi," urai Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor (CM) II di Jl. Arteri Kelapa Dua No.5, Kebun Jeruk, Jakbar.

 

Buat gambaran, berikut akan dibeberkan beberapa hal yang dikerjakan saat SB serta perkiraan biaya untuk tebus spare-partnya.

 

Head Mesin


Ini bagian yang pertama dibongkar (gbr.1), di mana peranti utamanya; klep, roker arm dan noken as sebagai pendukung besar kecilnya buka tutup klep dan besar kecilnya pasokan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar.

 

"Bila ada kebocoran pada celah klep, akan bikin kompresi menurun, akibatnya tenaga ikut payah. Untuk itu perlu diskir ulang. Biayanya pun bervariasi, tergantung jenis motor," imbuhnya.

 

 

 

 

Gambar 1

Gambar 1


 


Gambar 2

Gambar 2

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Silinder Mesin


Dibongkar setelah head. Tujuannya untuk membersihkan kerak sisa pembakaran di kepala dan ring piston (gbr.2). "Umur motor 2-3 tahun, ring seher (gbr.3) biasanya sudah aus dan kudu diganti agar kompresinya tetap maksimal," ungkap Yuli Santoso, kepala mekanik Suzuki Dewi Sartika (SDS) di Jaktim.

 

Keteng


Dipastikan fungsinya ikut loyo (gbr.4), sehingga menimbulkan bunyi berisik. "Biar performa tunggangan makin okey, peranti ini juga diganti," imbuh Dwi Angga Winanta, kepala bengkel Yamaha Putra Pos Pengumben.

 

Nah, biar ada gambaran pasti berapa biaya yang dibutuhkan saat SB, motormania perlu siapkan dana pokok buat tebus onderdil dan peranti lainnya. Antara lain:

 

ongkos SB, paking head, ganti oli dan busi, skir klep, ring seher dan keteng.

Detailnya, simak tabel!


Table Jasa SB dan harga spare-part

 

 

 

Item

Sport(mega pro)

Bebek (Supra)

Matik (Vario)

Honda

 

 

 

Servis besar

95 ribu

75 ribu

75 ribu

Top set

51 ribu

73 ribu

45 ribu

Skir klep

65 ribu

55 ribu

55 ribu

Ring Seher

99 ribu

95 ribu

45 ribu

Keteng

70 ribu

35 ribu

55 ribu

Oli mesin

36 ribu

35 ribu

35 ribu

Busi

15 ribu

15 ribu

15 ribu

Total

431 ribu

244 ribu

325 ribu

Suzuki

Sport (Thunder)

Bebek (smash)

Matic (Spin)

Servis besar

100 ribu

60 ribu

100 ribu

Top set

73 ribu

40 ribu

35 ribu

Skir klep

-

-

-

Ring Seher

105 ribu

47 ribu

34 ribu

Keteng

185 ribu

56 ribu

60 ribu

Oli mesin

30 ribu

26 ribu

26 ribu

Busi

15 ribu

15 ribu

15 ribu

Total

508 ribu

244 ribu

270 ribu

Yamaha

Sport (Scorpio)

bebek (Vega)

Matik (Mio)

Servis besar

60 ribu

45 ribu

50 ribu

Paking head+bodi

29 ribu

20 ribu

20 ribu

Skir klep

-

-

-

Ring Seher

125 ribu

52 ribu

66 ribu

Keteng

79 ribu

30 ribu

30 ribu

Oli mesin

30 ribu

28 ribu

28 ribu

Busi

15 ribu

15 ribu

15 ribu

Total

338 ribu

190 ribu

209 ribu

 

Sumber :Penulis/Foto: Banar / Banar - otomotifnet.com



Sponsored Links

Perbaiki Drat Busi Dol : Cara hemat, hasil akurat..
Seringkali kejadian, memasang busi dengan posisi kurang pas (miring) sehingga ulir rumah busi termak...

Rem parkir
Rem parkir terutama digunakan untuk parkir kendaraan.

Awas onderdil palsu : Mau hemat harus cermat!
Suatu hari, si Amir sempat keder saat berbelanja sembako. Bukan sembako buat dapur di rumah, lo. Tet...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru