|
|
Service Guidance - Deteksi Suspensi Yang Tidak Normal
Sponsored Links
Author: Penulis : Manut
Beda tinggi, tidak banyak berpengaruh pada MacPherson
Double wishbone lebih sensitif pada saat miring |
Salah satu pembaca OTOMOTIF asal Tanjung Barat, Jaksel sempat bingung mengenai suspensi mobilnya yang miring. "Civic baru saya lebih tinggi yang kiri, sekitar 3 jari, lalu yang kanan hanya 2 jari," kira-kira begitu keluhnya. Padahal mobil ini masih standar dan masih seumur jagung.
Rupanya kejadian ini kerap dialami juga oleh Bambang Setyono, kepala bengkel spesialis spooring balancing Nawilis di Radio Dalam, Jaksel. "Ada beberapa Civic yang mengalami hal serupa. Mobil lain pun sama saja, ada juga yang lebih miring ke kanan," ungkap Bambang. Wah, apakah gejala ini berbahaya? Jawabnya, belum tentu! Tergantung dari tipe suspensi mobil Anda. Saran Bambang, coba cek sudut keselarasan roda dulu. "Biasanya meski miring, ketika dispooring bisa saja masih bagus," bilang pemukim Pamulang, Banten ini.
Hal ini kerap ditemukan pada mobil bersuspensi MacPherson Strut. Menurut Bambang, ketinggian mobil kecil pengaruhnya pada suspensi ini. "Kalau cuma satu atau dua sentimeter sih, masih normal," imbuhnya. Bahkan meski diperbaiki dan ketinggian mobil kembali normal, perbedaan sudut roda hanya kecil sekali.
Lain hal dengan mobil bersuspensi double wishbone, umumnya lebih sensitif terhadap perbedaan ketinggian kiri-kanan. "Pada suspensi tipe ini, biasanya perbedaan cukup besar." Nah, bagaimana menyikapinya? Tentu harus dengan data pembanding. Salah satu cara paling mujarab, cek lagi sudut keselarasan roda. "Selama masih dalam toleransi, mobil masih bisa jalan lurus," tutupnya.
Sumber : Penulis : Manut Foto : Manut, Uky - otomotifnet.com
Sponsored Links
|
|
|
|