Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

SERVIS KHUSUS POROS DAN SUSPENSI BELAKANG


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Reza

A. MENCARI GANGGUAN PADA POROS DAN SUSPENSI BELAKANG


B. POROS AKSEL BELAKANG

Susunan komponen paras akse! belakang Toyota Kijang

1. Melepas poros aksel beiakang
a. Dongkrak dan topang kendaraan.
b. Lepas roda dan tromol rem.
c. Periksa gerak bebas aksial poros aksial belakang. Limit 1,0 mm (0,039 in). Bila di luar spresifikasi, bongkar dan periksa komponen-kumponen poros aksel.

 



Lepas baut pengikat backing plat,

c. Lepas poros aksel belakang, menggunakan SST, tarik poros aksel belakang keluar. SST 09520 - 00030.
Perhutian: Hati·hati agar tidak merusak perapat oli

 


f. Lepas gasket.

1) Menggunakan SST, lepas pipa rem. Gunakan kaleng untuk
menampung minyak rem. SST 09751 - 36011.
2) Lepas backing plat. 

 

 

 

 

 

 

 

3) Lepas gasket dari rumah poros belakang.

 


2. Pemeriksaan dan perbaikan komponen poros aksel belakang 
Kebengkokan poros maksimum : 1,5 mm (0,059 in) 
Kebengkokan flens maksimum : 0,1 mm (0,004 in) 

a. Bila poros aksel belakang atau flens rusak atau aus atau bila ada
keolengan yang lebih besar dari nilai maksimum, ganti poros
aksel belakang


b. Periksa bantalan poros aksel terhadap keausan atau kerusakan.
Bila bantalan aus atau rusak, gantilah bantalan.

c. Lepas penahan bantalan dalam.
1) Mcnggunakan gerinda, gerindalah penahan dalam.
2) Menggunakan palu dan pahat, potong penahan dan lepaskan dari pores

d. Lepas bantalan dari poros aksel, menggunakan SST dan hidrolik
pres, Iepas bantalan dari poros. SST 09527 - 21011.
 

 

e. Pasang penahan bantalan luar dan bantalan baru pada poros
menggunakan SST dan hidrolik poros, pasang penahan
luar dengan bantalan baru. SST 09515 - 21010.

 

f. Pasang penahan bantalan-bantalan dalam pada poros

1)  Panaskan penahan bantalan dalam tinggi kira·kira 150°C
(302°F) di dalam pemanas oli
2) Menggunakan SST dan hidrolik pres, pasang penahan bantalan dalam yang masih panas. SST 09515 - 21010. 
Catatan:
- Pastikan bahwa pada poros aksel atau penahan bantalan tidak ada gemuk atau oli.
- Hadapkan bagian yang ridak tirus dari penahan ban ke arah bantalan
 


g. Periksa perapat oli terhadap keausan atau kerusakan. Bila perapat oli rusak atau aus, ganti perapat oli

h. Lapas perapat oli dari rumah poros, menggunakan SST, lepas perapat SST 09308 - 00010.

 

 

 

i. Pasang perapat oli pada rumah poros.

1) Oleskan gemuk pada perapat oli.
2) Menggunakan SST, pasang perapat oli pada kedalaman 6,0 mm (0,236 in). Kedalaman perapat oli 6,0 mm (0,236 in) SST 09517-30010.



Sponsored Links

Atasi kabel gas skutik nyangkut - Trik tepat di saat darurat?
Saat digas, pada putaran mesin tertentu (biasanya di 2.000-2.500 rpm) skutik akan langsung beraksele...

Modifikasi Guidance - Merancang Mesin Balap Skubek (4)
Ibnu Sambodo yang begawan 4-tak masih percaya klep standar yang asli pabrik. Seperti klep Sonic yang...

Problem Solving - mendeteksi panas pada rem!
Namanya benda berputar, otomatis akan terjadi gesekan yang mengakibatkan panas. Begitu pula yang ter...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru