Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sistem Kemudi Mobil - Bedah Perawatan Electric Power Steering (1)

Navigation: Otomotif » Mobil - Perawatan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis : Ade - otomotifnet.com

Teknologi Electric Power Steering(EPS) dibuat untuk mengerti kita. Namun Firman pengemudi Toyota Yaris 2007 hilang sabarnya, ketika tiba-tiba putaran setirnya berat. “Wah kaget sekali dan hampir menabrak trotoar,” terang pegawai IT sebuah group restoran besar di Jakarta ini. Ia masih beruntung dibanding temannya yang naik Toyota Yaris juga dan terpaksa mencium pagar.

Pada EPS, mekanisme hidraulis berganti menjadi gerakan dinamo yang mengandalkan arus listrik. “Dalam hal perawatan pun didesain menjadi free maintenance dan enggak bikin repot lagi seperti model konvensional,” bilang Iwan Abdurachman, technical trainee PT Toyota Astra Motor. Nah karena bebas rawat, EPS ini jarang ditengok. Problem yang terjadi juga tidak dikenali. Bahkan baru paham setelah kejadian. Yuk belajar bareng bersama tentang EPS.

Macam-Macam EPS


Model Fully electric cenderung paling responsif

Semua EPS yang diaplikasikan, pada dasarnya tetap menggunakan tenaga bantuan motor elektrik. Perbedaaannya bisa dibagi dua. Pertama dengan sebutan fully electric. Artinya motor listrik bekerja langsung dalam membantu gerakan kemudi. Baik yang letaknya menempel pada batang kemudi, seperti pada Toyota Yaris dan Vios. Juga yang letaknya menempel pada rack steer seperti Honda Jazz, Suzuki Karimun dan Swift. Bahkan pada generasi awal yang diterapkan Mazda Vantrend lansiran 1995 ataupun Toyota Crown keluaran 2005, di tempatkan pada gearbox steering.

Kedua model semi electric. Putaran motor elektrik hanya dimanfaatkan untuk mendorong hidraulis. Ini sebagai pengganti pompa power steering yang menempel di mesin dan diputar oleh sabuk V-belt. Misalnya seperti pada Chevrolet Zafira dan Mercedes Benz A-Class. Perangkat EPS yang digunakan tentunya tidak lagi menempel pada mesin. Namun masih mengandalkan minyak untuk meringankan gerak setir. Biasanya perangkat ini juga masih menggunakan slang tekan dan slang balik dari minyak.



Sponsored Links

Modification Guidance - Sulap Lampu Belakang Jazz Modal 150 Ribu
Siapa tak kenal Noblesse, tuner Jepang yang punya konsentrasi penuh mendandani Honda Jazz baru (tipe...

Sistem Rem - Hati-hati upgrade rem mobil?
Selain memperhatikan usia pakai minyak rem, sistem pun perlu mendapat perhatian. Apalagi bila mobil ...

Ini Dia Tips Berkendara Aman Saat Hujan
Hujan yang turun di Ibu Kota sejak Senin (18/1/2010) malam mengakibatkan munculnya genangan di beber...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru