Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sistem penyalaan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Ridwan

Sistem penyalaan adalah salah satu sistem pada motor yang sangat penting untuk diperhatikan. sistem penyalaan ini erat hubungannya dengan tenaga(daya)
yang dibangkitkan oleh suatu mesin.

 

apabila sistem tidak bekerja dengan baik dan tepat, maka hal ini dapat mengganggu kelancaran pembakaran campuran bahan bakar
dan udara di dalam silinder sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin berkurang.

 

sistem penyalaan campuran bahan bakar diruang bakar atau silinder pada umumnya ada dua macam:


sistem baterai dan magnet, kedua sistem ini mempunyai prinsip dan tujuan yang sama, yakni sama-sama memakai arus listrik dan bertujuan membangkitkan tegangan listrik yang tinggi sekali
yang memungkinkan meloncatnya bunga api listrik(elektron) diantara kedua ujung kutub busi, tinggi tegangan yang dibangkitkan itu kira-kira 10.000 volt.

 

perbedaan dari kedua sistem ini terletak pada sumber(suply) dari arus listrik yang dipakai untuk penyalaan ini. pada sistem baterai suplai arus listrik berasal dari baterai, sedangkan pada sistem magnet, arus listrik berasal dari generator ac.

alat-alat yang menghasilkan loncatan bunga api diantaranya adalah:
a) koil
arus listrik yang datang dari baterai ataupun dari generator AC, akan masuk ke dalam koil, arus ini mempunyai tegangan yang rendah dan oleh koil tegangan ini akan dinaikkan sampai mencapai tegangan kira-kira 10.000 volt. dalam koil terdapat gulungan


priemer dan sekunder yang dililitkan pada besi pelat tipis yang bertumpuk, gulungan primer ini mempunyai kawat yang dililitkan dengan diameter 0,6 sampai 0,9 mm. jumlah lilitannya sebanyak 200 kali sedang gulungan sekunder mempunyai lilitran kawat dengan


diameter 0,05 sampai 0,08 mm dengan jumlah lilitan sebanyak 20.000 kali. karena perbedaan jumlah gulungan pada kumparan primer dan sekunder maka pada kumparan sekunder akan timbul tegangan kira-kira 10.000 volt.

arus dengan tegangan tinggi ini timbul akibat terputus-putusnya aliran arus pada kumparan preimer yang mengakibatkan tegangan tinggi pada kumparan sekunder.

 

karena hilangnya medan magnet ini terjadi pada saat terputusnya arus listrik pada kumparan primer, maka dibutuhkan suatu sakelar "pemutus arus"  yang disebut platina.


b) pemutus arus (platina/contact breaker)
platina ini berfungsi sebagai sakelar pada kumparan primer dari koil penyalaan, dengan bekerjanya platina ini maka medan magnet pada koil selalu berubah ubah yang mengakibatkan timbulnya tegangan kira-kira 10.000 volt pada kumparan sekunder.

bekerjanya platina ini diatur oleh poros kam sehingga waktu atau saat penyalaan dari gas bahan bakar dalam silinder dapat diatur menurut ketentuan yang telah ditetapkan.

pada platina waktu akan terbuka, akan timbul bunga api untuk menghindari hal ini maka digunakan suatu alat peredam/pengaman yang disebut kondensor


c) kondensor
menurut sifatnya, kondensor dapat menyimpan sejumlah muatan listrik menurut kapasitas dan dalam waktu yang tertentu. karena itu kondensor dapat digunakan sebagai peredam atau penghisap arus listrik ekstra yang timbul akibat adanya tegangan induksi dari pada gulungan
primer yang dapat menimbulkan bunga api listrik pada platina. kondensor ini biasanya dibuat dari kertas isolasi dan kertas perak yang digulung bersama-sama.


d) busi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk meloncatkan bunga api listrik di dalam silinder ruang bakar. bunga api listrik ini diloncatkan dengan perbedaan tegangan 10.000 volt diantara kedua kutub elektroda dari busi, karena busi mengalami tekanan ,

temperatur tinggi dan getaran yang keras sekali, maka busi dibuat dari bahan-bahan yang dapat mengatasi masalah tersebut. pemakaian tipe busi untuk tiap-tiap mesin telah ditentukan oleh pabrik pembuat mesin tersebut.

 



Sponsored Links

Service Guidance - Service GGuidance
Bukan cuma petinju yang knocked out (KO) setelah adu jotos di atas ring. Lampu rem juga bisa padam l...

Scoopy Segera Meluncur
Untuk menggenjot penjualan di segmen skuter otomatik (skutik), PT Astra Honda Motor (AHM) segera m...

Mengapa alat spooring perlu kalibrasi?
Angka setelan sudut keselarasan roda harus sangat presisi. "Toe total rata-rata adalah 0-0010. Sedan...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru