|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Substitusi part motor - Substitusi stut As master rem Kaze R?Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Kadafi Ribet juga ya, kalo punya motor udah cukup berumur. Saat harus mencari spare-partnya, kadang agak-agak susah.
Padahal, komponen yang dibutuhkan masuk kategori penting. Contoh peranti pendukung dalam mekanisme pengereman kuda besi kesayangan.
Seperti dialami Isal, warga Lubang Buaya, Jaktim pembesut Kawasaki Kaze R 2003. Suatu saat tiba-tiba rem depannya bermasalah. "Pas mau direm, eh remnya malah kurang pakem!" bilangnya. Setelah diselidiki, ternyata stut as master remnya sudah berkarat.
Pemicunya, peranti itu kurang dicek dan dirawat. Sehingga banyak kotoran mampir di sana dan merusak komponen itu.
Alhasil, itu mengganggu kinerja peranti pengereman. Apesnya, pas mau diganti baru, part itu tak tersedia. Walahhh...
Tapi tenang, Hadi, mekanik dari Kebongce Motor (KM) di daerah Jati Makmur, Pondok Gede, Bekasi punya solusinya.
"Gak perlu bingung! Pakai saja stut as master rem depan bawaan Honda Supra (gbr.1)," ujar pria kreatif ini sembari bilang pakainya part orisinal karena proses pembuatannya lebih presisi. Toh harganya terjangkau, hanya Rp 45.000.
Oke, masalah hampir beres. Sekarang tinggal cara aplikasinya. Pertama lepas semua baut pengunci pada batok lampu Kaze memanfaatkan obeng kembang (gbr.2).
Setelah peranti itu lepas, langsung kita kosongkan minyak rem yang tertampung pada master rem atas dengan cara melepas slangnya pakai kunci 12 (gbr.3).
Ingat! Biar enggak berecetan, tampung minyak rem yang ngocor pakai wadah atau botol oli, ya. Sampai di sini, lanjutkan membuka klip stut as master rem (gbr.4) dan diteruskan dengan menarik keluar peranti tersebut menggunakan tang jepit (ujungnya lancip).
Kalau sudah keluar, pasti kelihatan tuh stut as master rem yang jadi biang kerok. Langsung ganti peranti itu dengan bawaan Supra yang sudah ditebus tadi. Anda pasti tahu cara memasangnya. Ikuti saja seperti aslinya. Setelah itu, tinggal rakit lagi peranti lain yang sudah dibuka.
Langkahnya, tinggal membalik waktu membuka tadi. Eh tapi tunggu. Sebelum mengisi kembali minyak rem pada master, bersihkan dulu mangkuk master rem pakai air. "Biar gak ada kotoran yang tersisa," anjur Hadi.
Kalo sudah, baru deh isi minyak rem baru dengan spesifikasi yang dianjurkan pabrikan. Terakhir, Anda tinggal mengecek fungsi remnya.
Coba tekan tuas rem berulang-ulang (pompa) agar minyak rem turun ke kaliper, lalu isi lagi minyak remnya kalo di master berkurang. Lakukan sampai rem benar-benar bekerja.
Sponsored Links |
Service Guidance - Knalpot Innova Disumbat Bensin Hemat Service Guidance - Yuk, Bersihin Kaliper Rem Service guidance - Trik menyetel rantai roda? |
||||||