|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Yamaha Mio - Perawatan kickstarter Yamaha Mio, jangan pakai oli bro!Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Oct / Dede Teknologi electric stater pada motor, membuat perangkat kickstater jadi jarang dipakai. Pada motor skutik seperti Yamaha Mio, meski jarang disemplak tetap saja kick starter butuh perawatan.
"Pasalnya bila tidak masuk dalam agenda perawatan, maka bagian tersebut akan timbul karat. Dipastikan bisa tak berguna saat dibutuhkan," ungkap Yayat Suryana, kelapa mekanik dealer Yamaha Amie Jaya di Depok.
Tak hanya karat yang akan mengganggu fungsi utama kick starter, kotoran dari ruang CVT juga bisa membuat kick starter ogah balik saat disela. Bila hal tersebut sudah terjadi, jangan dibiarkan saja lo. Secara berkala akan membuat gear pinion kick starter cepat aus.
Soalnya saat kick starter ogah balik, maka gear pinion kick starter tidak kembali pada posisi semula. Akibatnya, part tersebut akan bergesekan dengan kick starter one way clutch yang letaknya ada di pully depan.
Nah supaya kick starter tidak mogok kerja, mesti dilakukan perawatan secara teratur. "Bisa dilakukan bersamaan dengan saat pengecekan pada bagian cvt.
Perawatan itu sendiri sangat dianjurkan melakukannya tiap setiap 6 bulan sekali," anjur pria bertubuh langsing ini.
Mau tahu bagaimana cara perawatannya? Paling awal, setelah casing CVT dibuka bersihkan debu yang ada pada dinding perangkat tersebut. Paling efektif, cara membersihkannya dengan menyemprotkan udara dari kompresor.
"Tapi kalau tidak ada, bisa dibersihkan dengan kuas. Tidak usah pakai air atau minyak tanah,"tutur Yayat
Selanjutnya baru membersihkan karat pada as yang ada di kickstater shaft. Caranya buka dulu oil seal yang ada pada bagian tersebut (gbr.1). Kelar dari situ, baru deh semprotkan cairan penetran ke bagian tersebut sroottt... (gbr.2).
Langkah berikutnya memberikan grease secukupnya pada gigi yang adanya di kick starter shaft (gbr.3). "Jangan dikasih oli, tidak tahan lama sehingga pelumasannya kurang maksimal.
Selain itu bikin debu yang ada di dalam CVT menempel pada part tersebut. Akibatnya malah bikin cepat macet," kata Yayat.
Pemberian grease juga dilakukan pada as yang ada pada pinion gear (gbr.4).
Dibagian ini sering timbul karat, supaya geraknya tetap lancar saat dipakai maka dibutuhkan pelumas.
Sama dengan gigi yang ada pada kick starter shaft, pemakaian oli malah bikin kotor casing CVT.
Sumber :Penulis/Foto: Oct / Dede - otomotifnet.com Sponsored Links |
Throuble Shooting - Mengapa bearing cam Mio berisik? Service Guidance - Pengaruh Celah Busi Terhadap Konsumsi BBM Yamaha Scorpio - Ih jorok, oli mesin Scorpio meler. ini solusinya! |
||||||