|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Yamaha Mio - Stel klep 0,08 mm agar Mio kembali langsam!!Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Oct / Dede Setelah diservis di bengkel umum, Sugiantoro mengeluhkan keadaan Yamaha Mio Sporty keluaran 2007 miliknya. "Sekarang Mio saya jadi susah langsam, maunya mati melulu," kata warga Jagakarsa, Jaksel ini.
Gejala susah langsam seperti dialami Sugiantoro, sebenarnya bersumber pada satu hal. "Adanya masalah suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar, jadi penyebab hal tersebut terjadi," ujar Yayat Suryana, kepala mekanik bengkel resmi Yamaha Amie Jaya, di Depok.
Nah bila ada konsumen yang mengalami hal tersebut, ada beberapa pengecekan dan tindakan yang dilakukan pria bertubuh langsing ini. Pertama-tama adalah melihat kondisi kepala busi (gbr.1).
Bila berwarna hitam, maka dipastikan suplai bahan bakarnya berlebih. "Ini yang membuat mesin motor maunya mati melulu. Sebaliknya bila warna kepala businya putih, maka bensin yang masuk kurang," ujarnya.
Bila analisa gangguan sudah didapat, maka langkah selanjutnya dilakukan perbaikan masalah. Untuk dapat suplai bahan bakar yang pas, setelan kerenggangan klep mesti diseting ulang (gbr.2). Menggunakan feeler gauge, setelan klep inlet dibuat 0,08 mm. Hal yang sama berlaku buat krenggangan klep exhaust.
Setelah seting ulang kerenggangan klep, pengecekan berikutnya pada ketinggian pelampung pada karburator (gbr.3). Pastikan ketinggian dari part tersebut 4,5 mm. "Hal tersebut tentu supaya bensin yang masuk setelah proses pengabutan, sesuai kebutuhan mesin," tutur Yayat.
Kelar melakukan 2 hal di atas, jangan lupa juga seting ulang setelan angin pada karburator (gbr.4). Jangan sampai suplai anginnya berlebih, pasalnya akan membuat proses pembakaran terganggu. "Setingannya cukup 2,5 putaran ke kiri, setelah sekrup setelan angin dipentokkan ke arah kanan," jelas mekanik ramah ini.
Oh ya, lakukan juga pengecekan terhadap rel model kupu-kupu yang ada di karburator. Pastikan kinerjanya tidak terganggu oleh karet slang dari AIS menuju ke knalpot.
Sumber :Penulis/Foto: Oct / Dede - otomotifnet.com Sponsored Links |
Tips untuk pergi jauh saat menggunakan kendaraan! Sistem Kemudi Mobil - Bedah Perawatan Electric Power Steering (3) Hiii...Ada Tengkorak Jadi Helm! |
||||||