Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Bersih-Bersih Karat - Treatment Musim Hujan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Banar


Pasti biker sudah banyak yang tau, bahwa air hujan yang turun itu mengandung zat asam yang mampu memicu karat pada permukaan besi yang tak terlindungi cairan antikarat.

“Pada sepeda motor di bagian knalpot, gir & rantai, as & bos roda serta jari-jari di pelek jadi tempat singgah si karat,” kata Santo, dari Agung Jaya Motor di Jl. Meruya Ilir, Ruko Taman Aries Blok HI No.14, Jakbar.

Namun bila memang bagian-bagian tersebut sudah telanjur timbul karat, jangan didiamkan. Lakukan beberapa treatment yang bisa bikin karat emoh nempel lagi. “Alat yang diperlukan enggak banyak, selain itu bisa dilakukan sendiri di rumah,” ujar mekanik berkacamata minus ini.

Knalpot
Bagian yang rawan karat di peranti ini, pada lehernya. Selain karena sering kena hujan atau endapan air hujan, juga karena panas tinggi hasil pembakaran yang langsung didinginkan udara luar.

Cara mengatasinya, bersihkan karat pakai ampelas kasar ukuran 300 (gbr.1). Setelah karat rontok semua, baru dibalut cat semprot seharga Rp 20 ribu. “Kalau tidak dicat lama-lama keropos dan bocor,” ingat Santo.

Gir Rantai
Rantai merupakan bagian yang mudah dihinggapi kotoran dan air. Jarang motormania yang memperhatikan peranti ini, terutama setelah dicuci. Masih banyak sisa air yang ngumpet di sela-sela rantai dan bikin karat.

Solusinya, bisa disemprot pakai cairan antikarat khusus rantai seperti merek AHRS, Chain Lube dan lainnya. Dibanderoli Rp 15-30 ribu dan bisa dipakai beberapa kali (gbr.2). “Saat musim hujan, lebih baik disemprot minimal seminggu sekali,” anjur pria ramah ini.

As Roda
Cek baik depan maupun belakang. Kalau telanjur berkarat, bersihkan bagian itu pakai ampelas halus (ukuran 600-1000) yang selanjutnya diberi gemuk. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada bos as roda.

Jari-jari Roda

Juga rawan kena karat, terutama di bagian kedua ujungnya. “Mungkin terlalu banyak jari-jarinya, kadang pembesut enggan membersihkan satu per satu. Ujung-ujungnya ya karatan deh,” ujar pria berkulit putih ini.

Solusinya semprot antikarat secara merata ke masing-masing ujung jeruji, selanjutnya dilap satu per satu (gbr.3).

Sumber : Penulis: Banar - otomotifnet.com



Sponsored Links

POROS GARDAN
(PROPELLER SHAFT) Pada mobil dengan mesin di depan dan penggeraknya roda belakang, tenaga putar da...

Modification guidance - Sepatbor Vario untuk Beat?
Ada cara mudah bikin bagian depan Honda BeAT jadi lebih keren. Caranya, ganti sepatbornya pakai puny...

Mekanisme kopling
MEMERlKSA DAN MENYETEL PEDAL DAN SISTEM PENGGERAK KOPLING


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru