Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Kijang Innova & Fortuner Diesel - Upgrade Performa Kijang Innova (2)


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis : Manut/Ade - otomotifnet.com

INTERCOOLER


Bisa mengadopsi intercooler Hilux Vigo

Innova dan Fortuner diesel belum mengadopsi intercooler seperti diusung Toyota Hilux Vigo. Aliran suhu udara yang dikeluarkan turbo tentunya berbeda dengan adanya intercooler tersebut. “Aplikasinya bisa lebih bermanfaat jika digunakan untuk perjalan ke luar kota atau jalan yang relatif lancar saja. Namun jika digunakan dalam kota dengan jalan yang macet membuat kurang efektif rasanya,” ujar Usman Adhie, service manager PT Tunas Ridean TBK.

Memang belum ada perangkat intercooler berlabel aftermarket untuk Innova dan Fortuner diesel. Untuk mengaplikasikannya bisa mencomot perangkat intercooler berikut komponen pendukungnya. Seperti slang, braket dan kap mesin Hilux Vigo yang bisa dipesan melalui bengkel resmi Toyota.

“Ketersediannya tergantung stok di TAM, memang pemesanan intercooler yang ready stock tidak lama. Hanya sekitar 2 hari saja, lain jika stok lagi kosong dan perlu inden barang sampai satu setengah bulan lamanya,” sebut Adhie, kepala bengkel Tunas Ridean di Cawang, Jaktim. Ayo buruan pesan, sebelum kehabisan!

Tunas Cawang : 021-8093069

PIGGYBACK


Piggyback meningkatkan kinerja mesin dengan memaksimalkan suplai bahan bakar

Salah satu produsen piggyback yang aktif menyediakan peranti PNP adalah Dastek. Piggyback Unichip Type Q dengan banderol Rp 4 juta juga sudah disetting khusus buat Innova dan Fortuner Diesel. Bisa dikatakan PNP karena sudah siap dengan kabel dan soket untuk menipu ECU standar mesin.

Oh ya, buat Anda yang masih bingung. Innova dan Fortuner pakai mesin berteknologi common-rail yang manajemennya diatur secara elektronik oleh ECU. “Pengaturan injeksi solar diatur ulang oleh piggyback ini,” bilang Theodorus Suryajaya, tuner Rev Engineering di Kedoya, Jakbar.

Menurut Teddy, sapaan akrabnya, dengan pemetaan bahan bakar diatur ulang, bisa mengail sekitar 23 dk tenaga ekstra. “Itu tidak memainkan boost. Innova punya boost sekitar 0,8-0,9 bar dan diprotect sampai 1 bar. Tidak bisa lebih dari itu,” katanya.

Asyiknya lagi, enggak perlu repot bawa mobil untuk disetting lagi di atas mesin dyno. Programnya sudah dimasukkan ke dalam piggyback dan tinggal pasang. Cuma butuh waktu pasang 15 menit saja, makanya peranti ini masuk dalam kategori PNP.

WATER-METHANOL INJECTION

Ternyata injeksi air dan methanol punya efek serius buat performa diesel. Padahal prinsipnya sederhana. Cuma menyemprotkan air atau methanol ke ruang bakar. Memang prakteknya tidak sesederhana itu, sebab butuh tekanan tinggi buat injeksinya.


Peranti water-methanol injection buatan Snow Performance dari Amerika ini sudah ada dalam bentuk kit. Intinya, ada motor listrik yang memompa methanol dari tabung penampung ke nosel khusus di intake. Noselnya diukur tepat dengan kapasitas mesin. Nah, injeksinya sendiri diatur oleh modul yang bekerja berdasarkan tekanan boost turbo.


Khusus stage 3 ditambah perintah dari EGT

Nosel harus mengebor intake di atas mesin

Ada dua tipe peranti buat Innova dan Fortuner. “Snow Performance stage 1 hanya mendeteksi boost. Juga ada stage 3 yang juga membaca EGT (exhaust gas temperature). Pada peranti stage 3 ini, injeksi juga dilakukan kalau suhu knalpot tinggi meski turbo belum bekerja. Misalnya saat menanjak atau sedang menarik beban (towing),” urai Teddy dari Rev Engineering.


Motor khusus buat menyemprot air dan methanol

Injeksinya bisa 100% air. Air yang dipakai disarankan air destilasi, seperti air aki biru. Khusus methanol, harus dicampur dengan air dengan konsentrasi maksimum 50%. Jadi racikan air dengan methanol maksimum 50:50. Campuran ini ditampung di tabung yang sudah termasuk dalam kit. Oh ya, methanol bisa dibeli di toko kimia dengan harga Rp 7.000 per liter.

Ketika dijajal di atas mesin dynamometer Dastek, tenaga naik drastis. Dari standar 110 dk/3.500 rpm, jadi 145 dk/4.000 rpm. Lebih sip lagi setelah mesin disetting ulang pakai piggyback. Tenaga langsung melonjak jadi 170 dk/4.000 rpm! Torsi pun demikian. Dari standar 225,7 Nm/3.500 rpm, dengan water-methanol injection jadi 288,6/3.500 rpm. Begitu ditune pakai piggyback, jadi 337 Nm/3.000 rpm.

Peranti water-methanol injection Snow Performance ini dibanderol Rp 6 juta untuk yang stage 1. Sedangkan stage 3 lebih mahal, Rp 8,5 juta. Keduanya tinggal pasang, hanya musti ngebor intake untuk pasang nosel. Kalau mau dahsyat, ya tambah piggyback Rp 4 juta seperti disebut sebelumnya.

Rev Engineering : 021-5694612



Sponsored Links

Part kelistrikan - Panduan memasang aki kering?
Ngomongin peranti kelistrikan di sepeda motor memang gak ada habisnya. Khususnya bagian aki, yang bi...

POROS GARDAN
(PROPELLER SHAFT) Pada mobil dengan mesin di depan dan penggeraknya roda belakang, tenaga putar da...

Kap Mesin - Enggak hujan, kaca kok berembun yah!
Pusing rasanya mengemudi tapi pandangan terhalang embun. Padahal lagi enggak hujan! Seperti yang dik...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru