Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Knalpot Racing Vespa Marak Lagi


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: (Belo) - otomotif.kompas.com

Ada yang lokal dan impor. Gampang kok membedakannya

 

 — Vespa pakai knalpot racing bukan hal baru. Tren ini sudah ada sejak beberapa tahun silam. Hanya, dulu vespa mengandalkan produk lokal, seperti merek Sito Racing dan Zipenk Racing. Nah, kini pemakaiannya marak lagi. Ada yang menggunakan produk impor, ada pula yang lokal, seperti terdapat di komunitas Vespa Campur Sari (VCS) yang suka mangkal di Circle K di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan.

Knalpot racing bisa diaplikasikan ke semua tipe Vespa, mulai dari produksi lawas, seperti Super, Sprint, PX, hingga New PX. "Baik yang PTS maupu Vespa Special sudah banyak pakai knalpot racing," bilang M Fadli, pebalap motor yang tergabung dalam komunitas VCS.

Saat ini, pilihan jenis knalpot racing lokal tidak terlalu banyak. Umumnya masih mengandalkan buatan Zipenk Racing. Sementara itu, yang buatan luar, pilihannya justru banyak. Mulai dari Malossi, Proma, Polini, hingga Pinasco. Semuanya berasal dari negeri asal Vespa, Italia.

Bedanya dengan buatan lokal, suara knalpot impor ini lebih lembut. Demikian menurut Leo, pemilik Vespa New PX. Materialnya pun, kalau lokal, pakai pelat lebih tipis dan sambungan antarpelat masih kasar. Selain itu, pemasangan knalpot racing perlu penyetelan ulang pada mesin agar memberikan performa maksimal.

Ada juga knalpot bikinan Thailand, dan tanpa label. Cirinya, moncong knalpot keluar dari kiri dan pelatnya sudah dikrom. Soal harga, knalpot ini cukup tinggi. Untuk yang impor, seperti Pinasco, knalpot tersebut dibanderol Rp 3,5 juta. Sementara itu, produk lokal memiliki harga antara Rp 150.000 dan Rp 250.000. (Belo)



Sponsored Links

Service Guidance - Perbaiki Kancing Doortrim Patah
Kesal rasanya jika pada saat mengemudi lewat jalan rusak ataupun jalan mulus, timbul suara berisik d...

Throuble Shooting - Deteksi getar, asal vibrasi pangkal keki (1)
Adanya fasilitas getar di handphone karena dianggap mampu membantu pemiliknya. Namun kalau ada getar...

Perawatan standar tengah - Hindari As atau rumah standar tengah Aus atau kering..
Bagi motomania yang cuma ngerti naikin motor, pasti kerap melupakan standar tengah. Padahal peranti ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru