|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Modification guidance - Ganjal kopling Honda Tiger pakai ring?Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Pemasangan dan Merakit
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Aant / Aant Ada cara mudah untuk meningkatkan performa yang kerap dilakukan motormania. "Tambahkan saja ring pada per koplingnya.
Maka per akan lebih memendek, efeknya gaya tekannya lebih besar, sehingga pengaruhnya sama dengan ganti per aftermarket," terang Agung Wahana dari bengkel SARRT.
Ring yang dipilih setebal 2 mm. Biasa disebut ring per karena bentuknya mirip per dengan adanya potongan pada lingkarannya (gbr.1). "Tapi sebelum dipasang, ratakan ujungnya," ungkap pria yang bengkelnya di Srengseng Kemanggisan, Jakbar.
Oh ya, untuk diameter ringnya samakan dengan per kopling bawaan motor. "Contoh saja untuk Honda Tiger pakai ring ukuran baut 14," tambah pria biasa disapa Sinyo ini. Harga di pasaran paling mahal 1 buah Rp 1.000.
Letak pemasangan per ada di antara per dan penjepitnya (gbr.2). "Kalo di dalam, dikhawatirkan malah mengakibatkan slip, karena gerakan per jadi tak lancar," wanti pria asli Yogyakarta ini.
Pertanyaannya, apakah benar hanya dengan modal tambahan ring dapat meningkatkan performa, terutama akselerasinya? Untuk membuktikan, kami uji pada Honda Tiger 1999 yang sudah hampir setahun belum ganti kampas kopling.
Pengetesan
Hasilnya sebelum ditambah ring, 0 sampai 201 m memerlukan waktu 7,4 detik. 0-60 km/jam 6,3 detik, dan 0- sampai 100 km/jam 14,1 detik.
Karena lama belum ganti kampas kopling, tiap pindah percepatan terasa ada gejala slip kopling.
Setelah ditambah ring hasilnya mengejutkan. 0-201 m jadi hanya 6,8 detik. 0-60 km/jam jadi 5,7 detik dan 0-100 km/jam jadi 12,1 detik. "Gejala slip koplingnya jadi hilang," urai Mr. Testo.
Kesimpulan
Terbukti ada peningkatan performa 0-201 lebih cepat 0,6 detik. 0-60 km/jam lebih singkat 0,6 detik, sedang 0-100 km/jam beda 2 detik. Secara keseluruhan akselerasi dari putaran bawah sampai atas meningkat.
Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com Sponsored Links |
Upgrade Performance - Reamer batang cuk? Pemasangan pegas daun dan peredam kejut Cuci ulang filter udara, performa kembali lega! |
||||||