Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification guidance - Ganjal kopling Honda Tiger pakai ring?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Aant / Aant

Ada cara mudah untuk meningkatkan performa yang kerap dilakukan motormania. “Tambahkan saja ring pada per koplingnya.

 

Maka per akan lebih memendek, efeknya gaya tekannya lebih besar, sehingga pengaruhnya sama dengan ganti per aftermarket,” terang Agung Wahana dari bengkel SARRT.


Gbr 1-4 (atas-bawah)

Gambar 1-2-3-4

 

Ring yang dipilih setebal 2 mm. Biasa disebut ring per karena bentuknya mirip per dengan adanya potongan pada lingkarannya (gbr.1). “Tapi sebelum dipasang, ratakan ujungnya,” ungkap pria yang bengkelnya di Srengseng Kemanggisan, Jakbar.

 

Oh ya, untuk diameter ringnya samakan dengan per kopling bawaan motor. “Contoh saja untuk Honda Tiger pakai ring ukuran baut 14,” tambah pria biasa disapa Sinyo ini. Harga di pasaran paling mahal 1 buah Rp 1.000.

 

Letak pemasangan per ada di antara per dan penjepitnya (gbr.2). “Kalo di dalam, dikhawatirkan malah mengakibatkan slip, karena gerakan per jadi tak lancar,” wanti pria asli Yogyakarta ini. 

 

Pertanyaannya, apakah benar hanya dengan modal tambahan ring dapat meningkatkan performa, terutama akselerasinya? Untuk membuktikan, kami uji pada Honda Tiger 1999 yang sudah hampir setahun belum ganti kampas kopling.

 

Pengetesan


Tes dilakukan mengukur akselerasi, dengan parameter 0 sampai 201 m, 0-60 km/jam dan 0-100 km/jam. Pengukuran oleh Mr. Testo yang berbobot 58 kg, menggunakan Racelogic buatan Performance Box (gbr.3).

 

Hasilnya sebelum ditambah ring, 0 sampai 201 m memerlukan waktu 7,4 detik. 0-60 km/jam 6,3 detik, dan 0- sampai 100 km/jam 14,1 detik.

 

Karena lama belum ganti kampas kopling, tiap pindah percepatan terasa ada gejala slip kopling.

 

Setelah ditambah ring hasilnya mengejutkan. 0-201 m jadi hanya 6,8 detik. 0-60 km/jam jadi 5,7 detik dan 0-100 km/jam jadi 12,1 detik. “Gejala slip koplingnya jadi hilang,” urai Mr. Testo.

 

Kesimpulan


Meski hanya bermodal ring yang harganya tak lebih dari Rp 1.000, namun performa meningkat dari putaran bawah sampai atas. Ini terjadi karena tenaga yang hilang akibat slip kopling berkurang.

 

Terbukti ada peningkatan performa 0-201 lebih cepat 0,6 detik. 0-60 km/jam lebih singkat 0,6 detik, sedang 0-100 km/jam beda 2 detik. Secara keseluruhan akselerasi dari putaran bawah sampai atas meningkat.

 

Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com



Sponsored Links

Suzuki New Smash - Waspadai Knalpot Nembak
Mengejar standar Euro 2 hampir semua motor keluaran baru mengaplikasi fitur penekan emisi gas buang....

Mengatasi Tarikan Yamaha Scorpio Mbrebet - memakai main jet GL-100!
Awalnya, Teguh Kurniawan merasakan enjoy saat menunggangi Yamaha Scorpio 2005-nya. Selama kurang leb...

Modification Guidance - Throttle Body Spacer, Dongkrak Power!
Throttle body spacer (TBS) didesain guna meningkatkan tenaga mesin mobil di putaran rendah sampai me...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru