Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification Guidance - Ganjal Per Daun, Usir Berisik


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Toncil


Leaf spring atau per daun atau per pikul sampai saat ini masih banyak yang memakainya. Jika dahulu dipakai nyaris tiap mobil, sedan, minibus sampai mobil angkutan, kini masih ditemukan pada minibus atau mobil yang memiliki beban angkut yang besar. Per yang terbuat dari baja dan berupa lembaran ini diikat kedua ujungnya pada pegangan per. Salah satu pegangan bisa main demi lenturnya per dan berfungsi meredam getaran.

Gbr.1

Gbr.2

Gbr.3

Karena berlokasi di bawah, jadi sulit terpantau kondisinya. Selain itu walau kotor, agaknya jarang pemilik mobil yang mau membersihkannya. Padahal untuk membersihkannya cukup mudah, tinggal memanfaatkan sikat dengan guyuran air.

Dari kotoran ini bisa timbul penyakit bawaan per daun. Timbulnya bunyi-bunyi tak enak didengar dari kolong mobil bisa saja berasal dari per ini.

"Biasanya karena ujung per yang lebih pendek bergesekan dengan per di atasnya, jadi timbul bunyi," ungkap Akiong dari bengkel Terminal Per di jl D.I Panjaitan, Jaktim.

Sebenarnya membungkam bunyi-bunyian yang mirip dengan suara binatang pengerat ini tidaklah sulit. Hanya butuh sedikit usaha, dan alat pendukung seperti obeng ketok minus, palu dan karpet karet serta gunting.

Jika sudah tersedia semua yang dibutuhkan, saatnya bekerja. Ukur lebar per daun tersebut. Lalu setelah itu, gunting karpet yang terbuat dari karet (gbr.1). Besarnya tentu saja disesuaikan dengan lebar per daun, atau bisa diperbesar jika ingin dilipat.

Setelah sukses terpotong saatnya menyelipkan diantara per. Cara menyelipkan yang tergolong repot. Tempelkan ujung obeng minus ke antara per. Setelah itu ketok pakai palu (gbr.2).

Lakukan sampai terdapat jarak antar per dan dapat menyelipkan potongan karpet tersebut. Hati-hati jika per kotor, karena saat di ketok bisa saja kotoran terlepas dan terbang serta masuk ke mata.

Jangan memasukkan obeng pada ujung per, sebab ketika obeng masuk, bahan karet justru tak dimasukkan karena terhalang oleh batang obeng. Sebaiknya geser sedikit dari ujung per. Tempatkan potongan ini pada setiap ujung per (gbr.3).

Kalau semua sudah diselipkan saatnya ujicoba. Jalankan mobil dengan melewati jalan yang sedikit jelek atau polisi tidur. Maksudnya supaya per dapat bergerak banyak. Lihat ganjal tadi meleset atau bahkan terlepas. Dengarkan juga, jika masih ada bunyi, berarti peredaman dengan menggunakan ganjal sementara belum maksimal. Mengatasinya, ganjal di dobel 

Sumber : Penulis: Toncil
 - otomotifnet.com



Sponsored Links

Modifikasi Guidance - Knalpot Skubek Tak Boleh Kelewat Blong
Masih jadi teka-teki, kenapa knalpot standar skubek jauh lebih bagus dibanding versi racing? Itu yan...

PRINSIP KERJA MESIN BENSIN
Agar menghasilkan tenaga gerak, pada mesin bensin diiakukan tahapan proses

TUNE-UP MESIN
Beberapa bagian yang biasa diperiksa dalam pekerjaan tune-up mesin adalah sistem pendinginan, tali...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru