Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification Guidance - Substitusi kampas rem suzuki satria FU 150?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Teguh

Sistem pengereman sangat penting pada kendaraan. Ditambah dengan lalu-lintas yang padat - saat rutinitas kantor atau melakukan aktivitas sehari-hari - maka butuh pengereman mumpuni alias pakem. Apalagi buat yang suka ngebut. Jangan lupa ngerem!

 

Untuk Suzuki Satria FU berkapasitas ruang bakar 150 cc, yang sering diajak ngebut, gak heran kalau kampas rem cepat habis. Terutama rem depan (gbr.1).

 

Karena saat kecepatan tinggi dan ngerem, kampas rem harus kerja keras meredam putaran piringan yang besar. "Itu yang bikin kampas rem Satria FU cepat habis dan gak tahan lama," ujar Ipung, mekanik sekaligus owner Ipung

 

Motor Speed (IMS) di Jl. KH. Safi'i Hadzami, Kamp. Dukuh, Jaksel. Coba dicek kampas rem depan FU Anda, masih tebal atau sudah tipis?

 

 

 


Gbr 1 Gbr 2

Gambar 1-2

 

Sebaiknya sih, lakukan hal itu sesegera mungkin, jangan ditunda-tunda. Karena semua itu berurusan dengan nyawa. Jangan sampai lalai, deh. Nah, kalo ternyata emang kampasnya sudah tipis, segera ganti, ketimbang piringannya yang kemakan, kan? Part pengganti milik orisinalnya memang mudah ditemukan di pasaran.

 

Tapi kalo ternyata kosong, jangan beranjak dari toko itu dulu. Silakan tanya apakah tersedia kampas rem Kawasaki Kaze? Jika ada, Anda bisa beli peranti itu sebagai substitusinya, kok.

 

 


Gbr 3 Gbr 4

Gambar 3-4

 

 

Jangan takut, sudah banyak, lo yang mengaplikasikannya di bebek super buatan PT Indomobil Niaga International (IMNI) itu. Alasannya sih, material kampasnya meski empuk, tapi lebih tebal. "Selain itu, bentuknya juga sama, kok.

 

Tinggal pasang aja," lanjutnya sembari bilang, kampas FU bahannya lebih keras. Untuk mengetahui perbedaan kampas Kaze bisa dilihat dari ketebalannya (gbr.2). Sedang Satria FU agak tipis (gbr.3).

 

Kalau dari warna bahannya juga berbeda. Untuk bahan Satria FU berwarna agak hitam, kalau Kaze berwarna kuning keemasan (gbr.4).

 

Lanjut ke soal harga, kampas rem Kaze dibanderol sekitar Rp 35 ribuan/set, sedang Satria FU Rp 25 ribu/set. "Kalo motor itu dipakai hanya rutinitas ke kantor, bisa tahan sampai 1,5-2 tahun bila pakai kampas Kaze.

 

Sedang kampas FU sampai 1-1,5 tahun," sahut pria berkulit sawo matang ini

.

Nah, dengan kampas yang lebih tebal (milik Kaze), dipastikan piringan gak akan termakan oleh pelat dudukan kampas. "Kan punya jarak pakai yang cukup panjang.

 

Cuma ya itu, harus rajin-rajin ngecek juga," tutup pria berumur 26 tahun ini. Hayo pilih mana, piringan kemakan apa kampasnya yang habis?

 

Sumber :Penulis/Foto : Teguh - otomotifnet.com



Sponsored Links

Memeriksa Mesin
Gangguan-gangguan pada kepala mesin biasanya mempengaruhi daya kerja mesin dan dapat didiagnosis de...

Service Guidance - Perawatan CVT Honda Vario
Bedanya skutik (skuter matik) dibanding motor biasa, perawatan skutik enggak bisa cuma mesin doang. ...

Service Guidance - Pengaruh Celah Busi Terhadap Konsumsi BBM
Celah alias gap busi yang sering dianggap sepele, ternyata bisa jadi faktor penyebab borosnya konsum...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru