|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Modification Guidance - Substitusi kampas rem suzuki satria FU 150?Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto : Teguh Sistem pengereman sangat penting pada kendaraan. Ditambah dengan lalu-lintas yang padat - saat rutinitas kantor atau melakukan aktivitas sehari-hari - maka butuh pengereman mumpuni alias pakem. Apalagi buat yang suka ngebut. Jangan lupa ngerem!
Untuk Suzuki Satria FU berkapasitas ruang bakar 150 cc, yang sering diajak ngebut, gak heran kalau kampas rem cepat habis. Terutama rem depan (gbr.1).
Karena saat kecepatan tinggi dan ngerem, kampas rem harus kerja keras meredam putaran piringan yang besar. "Itu yang bikin kampas rem Satria FU cepat habis dan gak tahan lama," ujar Ipung, mekanik sekaligus owner Ipung
Motor Speed (IMS) di Jl. KH. Safi'i Hadzami, Kamp. Dukuh, Jaksel. Coba dicek kampas rem depan FU Anda, masih tebal atau sudah tipis?
Sebaiknya sih, lakukan hal itu sesegera mungkin, jangan ditunda-tunda. Karena semua itu berurusan dengan nyawa. Jangan sampai lalai, deh. Nah, kalo ternyata emang kampasnya sudah tipis, segera ganti, ketimbang piringannya yang kemakan, kan? Part pengganti milik orisinalnya memang mudah ditemukan di pasaran.
Tapi kalo ternyata kosong, jangan beranjak dari toko itu dulu. Silakan tanya apakah tersedia kampas rem Kawasaki Kaze? Jika ada, Anda bisa beli peranti itu sebagai substitusinya, kok.
Jangan takut, sudah banyak, lo yang mengaplikasikannya di bebek super buatan PT Indomobil Niaga International (IMNI) itu. Alasannya sih, material kampasnya meski empuk, tapi lebih tebal. "Selain itu, bentuknya juga sama, kok.
Tinggal pasang aja," lanjutnya sembari bilang, kampas FU bahannya lebih keras. Untuk mengetahui perbedaan kampas Kaze bisa dilihat dari ketebalannya (gbr.2). Sedang Satria FU agak tipis (gbr.3).
Kalau dari warna bahannya juga berbeda. Untuk bahan Satria FU berwarna agak hitam, kalau Kaze berwarna kuning keemasan (gbr.4).
Lanjut ke soal harga, kampas rem Kaze dibanderol sekitar Rp 35 ribuan/set, sedang Satria FU Rp 25 ribu/set. "Kalo motor itu dipakai hanya rutinitas ke kantor, bisa tahan sampai 1,5-2 tahun bila pakai kampas Kaze.
Sedang kampas FU sampai 1-1,5 tahun," sahut pria berkulit sawo matang ini . Nah, dengan kampas yang lebih tebal (milik Kaze), dipastikan piringan gak akan termakan oleh pelat dudukan kampas. "Kan punya jarak pakai yang cukup panjang.
Cuma ya itu, harus rajin-rajin ngecek juga," tutup pria berumur 26 tahun ini. Hayo pilih mana, piringan kemakan apa kampasnya yang habis?
Sumber :Penulis/Foto : Teguh - otomotifnet.com Sponsored Links |
Bikin pelek jari - jari jadi tubless di motor supermoto.. Problem aki tekor - Atisipasi supaya aki tetap terisi? Perawatan fuel pump mobil - Tangki Bensin di bawah seperempat, fuel pump cepat sekarat... |
||||||