|
|
Modifikasi Guidance - Pasang Setang Fatbar di Scorpio
Sponsored Links
Author: Penulis: Atenx Modifikasi Guidance - Pasang Setang Fatbar di Scorpio
OTOMOTIFNET - Setang aftermarket berprofil lebar emang punya penggemar sendiri, khususnya di kalangan motor jenis sport. Maklum, dengan gaya begitu diakui bikin pengendalian makin yahud. "Lebih nyantai dan sporti," aku Andi pengguna Suzuki Thunder 125.
Salah satu jenis setang 'baplang' ini adalah tipe fatbar (gbr.1). Eits, tapi tunggu dulu! Ada motormania yang masih salah menafsirkan jenis setang model begini. "Enggak semua setang lebar itu disebut fatbar," ujar Roby dari toko RobySteam.
Nah, biar enak, mending samain persepsi dulu deh. "Yang dimaksud fatbar itu, tipe setang lebar yang diameter tengahnya lebih besar daripada diameter pinggir," jelas pemilik gerai di Jl. Arteri Kelapa Dua, Jakbar ini.
Jadi jelaskan? Kalau ukuran diameter keseluruhan pipa setang sama, berarti bukan tipe fatbar. Nah, setang fatbar ini lebih kaku (rigid) dibanding bawaan standarnya. Maklum, aslinya setang ini diciptakan buat motor penggaruk tanah.
|
|
Nah buat yang penasaran mau aplikasi di motor harian, ada dua pilihan; berlabel Sunline atau Renthal yang dibanderol Rp 1,2 - Rp 1,4 juta. Keduanya jenis fatbar, dan untuk masalah kualitas dan tampilan, keduanya enggak perlu diragukan lagi deh.
Kemahalan? Tenang, itu versi high classnya. Buat yang punya dana pas-pasan, bisa lirik merek SSR yang dijual Rp 500 ribu. "Ketahanannya, dijamin enggak kalah dari versi muahal," yakin Roby sambil cengengesan.
Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa diameter tengah setang fatbar yang duduk di segitiga atas lebih besar. Untuk itu, agar si setang bisa nemplok rapi, silakan tebus spacer dengan harga Rp 150-275 ribu (gbr.2).
Sudah lengkap? Langsung pasang yuk! Sebagai bahan eksperimen, setang dipasang pada Yamaha Scorpio. Langkah awal bisa dari melepas panel-panel yang ada di setang standar mulai dari grip gas, sakelar lampu sampai master rem depan (gbr.3).
Selesai dipreteli, langsung buka dudukan setang standar di segitiga pakai kunci L-8 (gbr.4). "Dari sini, pasang spacer yang sudah ditebus tadi tepat pada bekas dudukan setang standar tadi (gbr.5)," tambah pria yang hobi utak-atik motor trail ini.
Sampai tahap ini, langsung pasang setang fatbar pada spacer baru tersebut dan jangan lupa ikat spacer bagian atas pakai kunci sama. "Tapi jangan langsung dikencangkan, silakan atur dulu posisi maju-mundur setang," anjurnya.
Gimana, posisi sudah oke? Nah tinggal lanjutkan memasang kembali panel-panel di setang standar tadi pada setang fatbar yang baru seperti semula.
Sumber : Penulis: Atenx - otomotifnet.com
Sponsored Links
|
|
|
|