Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Muncul Asap Putih pada Motor Baru


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: (KR15) - otomotif.kompas.com

 

 

â€" Jangan dulu memvonis motor Anda cacat produksi lantaran setiap kali pemanasan dari knalpot acap mengeluarkan asap putih kebiruan. Seperti dialami Kusbiantoro, warga Cinere, Limo (Depok), dan Arief Riyadhi yang punya Honda New Revo 110 dan Blade 110.

Menurut keduanya, sejak dipakai 4 bulan lalu, setiap mau memanaskan mesin, dari knalpot menyembul asap putih kebiruan. Padahal, kata mereka, motornya dahulu tak seperti itu. Kenapa, ya? Tanya keduanya kepada Em-Plus.

Untuk memuaskan 'pelanggan' (pembaca setia), keluhan itu diteruskan kepada Sarwono Edhi, Technical Service Devision PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen Honda. Munculnya asap putih dan knalpot Balde 110 dan Revo 110, menurutnya, bukan dari oli yang menyelinap dan hangus terbakar di dalam dapur pacu.

Penyebabnya, kata Sarwono dari muffler yang masih baru. Biasanya, lapisan antikarat ikut terbakar. Apalagi di pagi hari, ada uap air di perut knalpot yang ikut mendukung munculnya asap. "Gejala ini berlangsung kurang lebih selama satu bulan," tegas pria yang bertugas di Tipar, Cakung, Jakarta Timur, ini.

AHM sendiri menganggap hal ini normal. Kecuali kepala busi tampak basah karena ada rembesan oli. Itu artinya terdapat kebocoran di ruang bakar. Lenyapnya asap putih bersamaan habisnya lapisan antikarat.

Lain hal bila asap terus muncul. Umumnya, papar Sarwono, dipicu beberapa faktor. Di antaranya, adanya kebocoran pada sil oli klep, piston baret atau ring piston lemah. Untuk motor baru, jangan sekali terjadi dan kecil kemungkinannya.

Coba periksa kondisi sil klep yang berada di atas siting klep beserta keausan bos siting klepnya. Bila dua komponen itu mulai aus dan bocor, oli yang bersirkulasi di ruang kem sangat mungkin masuk ke ruang bakar lewat batang klep.

Begitu juga jika ring seher atau piston sudah terkikis. Oli di bak mesin untuk melumasi kruk as, setang seher, seher, dan dinding liner sudah tak maksimal. Oli menyelinap masuk ruang bakar lewat bekas goresan ring seher atau liner silinder. Tumpukan oli pun ikut terbakar. (KR15)



Sponsored Links

Utilitas - Pasang Pendingin Kaliper Rem Depan
Suhu yang terlalu panas pada perangkat rem depan motor dapat berpengaruh pada performa pengereman. A...

Saringan udara - Dicuci supaya awet 30 kali!
Saringan udara yang dapat digunakan berkali-kali atau biasa disebut filter udara racing, ragam produ...

Service Guidance - Ganti Sil Persneling Baru
Tak sedikit motormania yang cuek terhadap rembesan atau adanya kebocoran oli di besutannya. Padahal ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru