Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Panduan ganti oli - Awas terlalu banyak isi oli mesin, bisa bikin air filter rusak!!!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Jotos / Jotos

Secara fungsi, oli mesin dipakai untuk meminimkan gesekan antar part yang ada di dalam mesin.

 

Bila tidak ada oli, maka part-part yang kebanyakan terbuat dari bahan metal tersebut jadi cepat aus. Oleh karena fungsinya yang cukup vital, maka sangat dianjurkan secara teratur untuk mengganti pelumas mesin tersebut.

 

Nah untuk urusan ganti oli, bisa dilakukan sendiri atau pakai jasa bengkel.

 

Buat yang biasa ganti oli sendiri, ada hal yang mesti diperhatikan lo. Jangan sampai mengalami kejadian seperti yang dialami Donny Hardiyanto.

 

 "Setelah ganti oli sendiri, performa Suzuki Smash keluaran 2007 milik saya jadi menurun. Selain itu, bensin juga jadi boros," kata pria yang tinggal di Perumnas 1, Tangerang, Banten.

 

Apa yang terjadi pada besutannya, tentu membuat Donny risih dan tanpa pikir panjang, ia langsung memboyong motornya ke dealer Suzuki Tangerang di Jl. Perintis Kemerdekaan No.1, Tangerang Banten.

 

Kepada Agus Setiawan yang jadi kepala mekanik di sana, Donny mengeluhkan kesehatan motornya. Bermodal dari keluhan yang sudah diutarakan si empunya motor, Agus langsung membongkar besutan Donny. Hasil diagnosa yang dilakukan, ternyata kertas yang ada pada filter udara Smash basah karena oli (gbr,1).

 

"Apa yang terjadi pada besutan Donny, akibat dari terlalu banyaknya oli yang diisikan pada bak mesin Smash. Untuk si gesit irit, seharusnya cukup diisi 800 ml oli mesin," tutur berkulit sawo matang ini.

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

 

Masih kata Agus, bila diisikan oli terlalu banyak misalnya sampai 1 liter maka ruang sirkulasi oli dalam bak mesin berkurang. Akibat dari berkurangnya ruang perputaran oli, membuat pelumas tersebut tersedot oleh selang hawa mesin yang muaranya di boks filter udara (gbr,2).

 

Kalau sudah begini, mau tak mau perlu merogoh kocek Rp 43 ribu untuk beli filter udara baru. Ingin ilmunya bermanfaat bagi orang lain, Agus berbaik hati transfer ilmu ganti filter udara sendiri. "Alat yang diperlukan, hanya obeng plus saja lo," ujarnya.

 

Langkah pertama buka 3 baut leg shield center memakai obeng plus (gbr,3), yang dilanjutkan dengan melepas 8 baut sayap bodi baik yang kiri maupun kanan.

 

"Kemudian baru lepas 3 baut pengikat boks filter udara pada frame motor, juga dengan obeng plus (gbr.4)," ucap Agus.

 

Buka klem karet yang menuju boks filter udara dari karburator, jadi langkah selanjutnya yang dilakukan Agus. Paling akhir, buka 4 baut yang ada pada kotak filter udara.

 

Baru kemudian ganti filter udara yang sudah rusak dengan yang baru.

 

Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com



Sponsored Links

Mau Bikin Velg Motor Kinclong, Gampang!
Kebetulan kondisi velg motor Anda sudah jelek. Karat tumbuh di sepanjang lingkaran sehingga enggak p...

Suspensi Mobil - Strut bar, setting suspensi tingkat tinggi?
Suatu hari, meja redaksi kedatangan sebuah surat elektronik dari Diaz Ananda. Salah satu hal yang di...

Pakai paking seng, tarikan supra makin greng!!!
Punya motor berumur (10 tahun ke atas) harus siap siap risiko-risikonya. Terutama kalo cari komponen...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru