|
|
Penyetelan
Sponsored Links
Author: Ridwan
Penyetelan katup/klep agar lebih irit caranya :
Stela celah klep agak renggang agar ketika klep overlap tidak banyak campuran bensin-udara yang ikut terbuang bersama gas bekas. jangan terlalu renggang yang bisa mengakibatkan buka tutup klep tidak akurat dan bikin berisik, harus dalam batas toleransi buku panduan pabrik. misalkan : beberapa jenis bebek stelan klep standar in 0,05-0,07mm, dan out 0,08-0,10mm bila diukur memakai filter gauge.
lalu rubah stelan menjadi sama rata sekitar : in 0,07mm, dan out 0,10mm bagi motor bebek in 0,10mm(rapat), dan out 0,10mm(sliding) bagi motor skubek in 0,10mm(rapat), dan out 0,15mm(sliding) bagi motor sport/torsi tinggi
untuk mengerjakan penyetelan ini sebaiknya dilakukan pada saat mesin dalam keadaan dingin, lalu bila motornya berisik dan mesin cepat panas, disarankan agar selalu gunakan oli sesuai spesifikasi, sebab efek mesin cepat panas dan berisik umumnya dipengaruhi pemilihan oli terlalu encer, juga karena menyetel klep dalam kondisi mesin masih panas.
supaya motor injeksi tidak mogok, selalu perhatikan kondisi aki apa masih bagus, mau ngedrop/memang sudah ngedrop atau sudah tidak bisa menyimpan strum lagi. aki sumber energi utama komponen injeksi, selain gunakan masing-masing indikator, komponen pengapian dan instrumen kelistrikan lain. cara sederhana melacak aki masih bagus, lagi ngedrop/ mau soak bisa dilakukan lewat cara manual. misalkan aki benar-benar masih fit kondisinya. biasanya lampu indikator injeksi di panel spidometer akan terlihat terang. selain itu juga di motror injeksi akan sering terdengar suara nyaring putaran dinamo yang cepat didalam tangki tanda pompa injeksi siap kerja. tapi kalau lampu indikator sudah mulai agak redup ditambah suara putaran dinamo pompa injeksi terdengar mengalun, itu artinya strum aki haurs di charge ulang.
Sponsored Links
|
|
|
|