|
|
Service Guidance - olusi Sok Belakang Skywave Goyang
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Jotos
gbr.1 |
gbr.2 |
Saking penasarannya, karena goyangan itu dirasa mengganggu kenyamanan, Putra pun langsung melakukan pengecekan terhadap tekanan angin pada ban belakang. Hasilnya udara yang mengisi ban tersebut enggak berkurang alias tak kempis.
Tanpa buang waktu, mahasiswa Bina Sarana Informatika (BSI) kampus Cipulir, Tangerang ini segera menggeladang besutannya ke Hasan Motor (HM) untuk mencari solusi pasti. "Ada kemungkinan sokbrekernya bermasalah," analisis awal Hasan Basri, mekanik bengkel umum yang bercokol di Jl. Kelapa Dua Raya, Jakbar.
Sayang, perkiraan awal mekanik berbadan langsing ini, ternyata kurang pas. Sebab saat melakukan cek and ricek, bagian tersebut fungsinya masih oke. "Namun saat sok belakang diputar atau dipelintir dari kedudukannya, ternyata terasa ada sedikit speleng dari dudukan pengikatnya itu. Dan itu terjadi pada keduanya," urai mekanik berambut lurus ini (gbr.1).
gbr.3 |
gbr.4 |
Untuk penyembuhan sedikit masalah yang terjadi pada bagian dudukan sok, Hasan menyiapkan obat berupa pelat O-ring berdiameter 21 mm sebanyak 4 buah yang tebalnya 1-2 mm (gbr.2). "Masing-masing sokbreker hanya pakai 2 ring yang diletakkan pada bagian kiri dan kanan sisi dalam lubang baut sok belakang bagian bawah," tuturnya yang juga bilang cukup rogoh kocek Rp 4 ribu untuk beli 4 buah ring (gbr.3).
Oh ya, khusus untuk pemasangan ring pengganjal pada sokbreker sebelah kiri, pengerjaannya berbeda dengan yang di kanan. Pasalnya pada bagian tersebut untuk melepas baut sok, mesti juga melepas filter udara.
"Enggak terlalu ribet kok, tinggal lepas dua baut pengikat filter udara dengan kunci sok ukuran 8 mm (gbr.4). Baru setelah itu lepas baut 14 mm pengunci sok dan lanjutkan dengan memasukkan ring pengganjal," tutup Hasan. Goyang duyu? Enggak lah yaww..!
Sumber :Penulis/Foto: Jotos - otomotifnet.com
Sponsored Links
|
|
|
|