Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Bikin Irit Mio Pakai Spuyer Kaze


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Harryt/Salim (Tabloid Otomotif) - otomotifnet.com

Seliter Premium Rp 6 ribu! Ah enggak masalah, karena banyak cara dilakukan untuk mengefisiensikan pemakaian bensin ini. Seperti dipraktikkan Ahmad, mekanik Hansen Motor (HM). Dia eksperimen di Yamaha Mio dengan pakai spuyer motor lain yang sama-sama pakai karbu vakum.

Maksudnya? "Ya, main jet punya Kawasaki Kaze, lalu pilot jet bawaan Honda Karisma," papar pria biasa disapa Madun ini. Lo, apa istimewanya? "Ukuran spuyer itu lebih kecil dibanding punya Mio." Wah, ini namanya nyekek, dong? Bukannya tak direkomendasi?

"Emang sih, pabrikan gak rekomendasi. Tapi ya, namanya akal-akalan, tetap aja banyak motormania yang menerapkan!" beber Madun. Oke.. oke... buat wacana, coba jelasin caranya gimana? "Pastinya, selain sediain spuyer tadi, juga karet slang!"

Nah, menurut Madun, karet slang buangan angin dipake biar bukaan jarum skep enggak terlalu gede. "Panjangnya cukup 1,5 cm!" sambar Madun sembari bilang, resepnya ini butuh biaya Rp 30 ribu buat beli repair kit karbu Kaze dan Karisma.


(kiri-kanan) Pilot Jet Kharisma, main jet Kaze dan potongan slang karet

Atau kalo mau irit, bisa juga hunting ke bengkel umum nyari limpahan spuyer yang tak terpakai. Cara pasangnya, pasti diawali membongkar cover bodi penutup karbu, lalu jok dan bagasi. Okelah, untuk tahap ini, Anda pasti sudah mahir melakukannya.

Setelah peranti pengabut terlihat, tinggal lepas selubung pengikat manifold, slang bensin dan pernafasan. Lalu copot mur pengunci di bawah karbu, tepatnya di tempat bersarangnya pelampung dan spuyer. Ganti spuyer Mio dengan Kaze.

Berikutnya tinggal lepas mur pengikat di tempat bercokolnya per berikut pangkal jarum skep. Selipkan potongan karet slang tadi di tengah per. "Kalo udah, tinggal pasang lagi karbu. Buktiin sendiri khasiatnya," tantang Madun yang aseli Betawi ini. Bener, nih?



Sponsored Links

Usir hawa panas kabin dengan sunshade biar cepat dingin!
Semua orang suka dengan hari yang cerah. Tetapi panas matahari dengan sinar ultraviolet (UV) tinggi,...

Kawasaki KLX 150S - mengtasi kopling Kawasaki KLX 150S selip, harus dilubangi?
Banyak pengendara Kawasaki KLX 150S mengeluh koplingnya mudah selip. Salah satunya Yopi. "Umurnya ba...

PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN
1. Pemeriksaan kepala silinder a. Bersihkan kerak karbon yang ada di ruang bakar dan buang...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru