|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Subtitusi kampas kopling satria 2 - tak ke Smash?Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Pemasangan dan Merakit
Sponsored Links
Author: Jotos / Jotos - otomotifnet.com Memang enggak enak kalau lagi kerja diadang masalah. Pikiran jadi kacau. Hal inilah yang dialami Bay Iskandar. Gara-gara Suzuki Smash 110 cc keluaran 2005 miliknya problem, sebagai sales, ia jadi enggak bisa bekerja deh.
Kenapa sih, motornya? Oh ternyata terdengar bunyi ngaung. Takut kenapa-kenapa, warga Kemanggisan, Jakbar ini langsung memboyong tunggangannya itu ke dealer Suzuki Daan Mogot, Jakbar. “Saya takut makin parah. Makanya saya bawa ke bengkel resmi aja,” ujarnya.
Gambar 3
Sesampainya di dealer Suzuki itu, Bay bertemu Ferri. Sesudah mendengar penjelasan Bay, mekanik ramah itu segera mengeceknya.
Selesai dideteksi, ternyata kampas koplingnya (KK) habis (gbr.1). “Biar awet, ganti KK Suzuki Satria 2-Tak aja. Bisa bertahan lama lo, pemakaiannya,” saran mekanik ini. Untuk fisiknya, KK Satria sama dengan Smash, hanya KK Satria lebih tebal dan rapat dibanding punya Smash (gbr.2).
Fungsi KK adalah pendukung proses transfer tenaga dari hasil kerja mesin ke tramsmisi. “Efeknya apabila KK habis, besutan motormania akan selip. Nah, kalau sudah begitu motor akan terasa berat alias enggak ada tenaganya. Selain itu juga bisa bikin boros BBM,” tambah Ferry.
Biar motomania tak mengalami hal tersebut, mending segera ganti. Mau tau proses pemasangannya? Mari kita lihat yang dilakukan Ferri pada besutan Bay.
Sebelum dibongkar, siapkan dulu perkakas yang dibutuhkan; kunci ring 12 & 10, T-8, T-10 dan kunci ring 19.
Pertama buka dulu 2 baut pengikat footstep atau pijakan kaki pakai kunci ring 12 (gbr.3). “Lalu copot 2 baut knalpot mengunakan kunci ring 10,” ucap mekanik itu sambil melepaskan satu baut kick starter dengan kunci ring 10 (gbr.4).
Kalau sudah, baru buka baut bak kopling sebanyak 12 buah (gbr.5). Selanjutnya lepas satu baut rumah otomatis ukuran 19 pakai kunci ring tadi (gbr.6).
Baru buka bearing dan stut kopling. “Jangan lupa, copot baut per kopling menggunakan kunci T-10 (gbr.7) dilanjutkan pasang KK Satrianya,” tuturnya.
Oh ya, soal harga, KK Satria lebih mahal dibanding KK Smash. “Punya Satria Rp 49.500, sedang yang orsinal Smash Rp 26.500. Meski lebih mahal, tapi lebih awet,” tutup Ferri. Sudah beres, pasang kembali peranti yang sudah dibongkar tadi. Hasilnya, Bay jadi bisa kerja lagi deh.
Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com Sponsored Links |
Koil Untuk Mesin Bore-Up, Mana Yang Cocok? Yamaha Scorpio Z - Filter oli scorpio z bisa tukar pakai ke jupiter mx loh.. Megelli 250 Berteknologi Gabungan Dua Negara |
||||||