|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Subtitusi kampas kopling Yamaha Vega ZR - Vega ZR pakai kampas kopling Jupiter MX / Kharisma..Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Fungsi Komponen dan Spare Part
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav Jika kita melongok jumlah kampas kopling di Yamaha Vega ZR pasti heran. Kenapa? Sebab, di besutan ini hanya punya dua lembar, berbeda dengan tunggangan bebek lain yang sudah lama mengadopsi empat lembar untuk kampas koplingnya.
Selain itu, dari hasil survei Tim OTOMOTIF, ternyata banyak juga yang menanyakan soal substitusinya, "Kira-kira bisa gak, kalo kampas koplingnya pakai punya tunggangan lain?" tanya Rizal salah satu pembesutan Yamaha Vega ZR.
Ternyata perbincangan itu sampai juga di telinga Hadi, mekanik bengkel Ahmad Motor. "Bisa kok. Pakai punya Honda Karisma dan Yamaha Jupiter MX. Gak perlu mengubah sedikit pun," celetuk pria di Jl. Meruya Utara No.17, Jakbar.
Nah, untuk membuktikan omongannya, kita langsung praktikkan aja. Tetapi sebelum memulai, kita kudu mengumpulkan alat yang diperlukan. Obeng kembang, kunci T-8, T-12, ring 10, 12 dan 14. Sekarang fungsikan standar tengah di motor agar aman.
Pertama, suhu mesin motor harus dingin karena oli mesti dibuang. Caranya, buka baut pembuangan oli di sebelah kiri dengan kunci T-12 (gbr.1). Lalu lepas cover bawah yang masing-masing sisi terdapat tiga buah baut, gunakan obeng kembang.
Selanjutnya, mencopot dua baut knalpot di depan pakai kunci ring 10, bagian tengah hingga belakang pakai kunci ring 12. Masih dengan kunci yang sama, kendurkan dan lepas empat baut untuk pegangan footstep di bagian bawah mesin.
Oh iya, jangan lupa kick starter juga mesti dilepas, agar lebih leluasa mencopot bak koplingnnya. "Cara melepasnya, kita tahan dengan tangan gagang kick starternya, lalu kendurkan baut penguncinya pakai kunci ring 14," ucapnya.
Berikutnya, langsung kendurkan dan copot sebelas baut pengancing bak kopling dengan kunci T-8 (gbr.2). Setelah itu, lepas 6 baut penahan rumah kopling pakai kunci T-8 (gbr.3) dan copot komponen tersebut satu per satu.
Sekarang coba kita bandingkan perbedaan ruas kampas kopling Honda Karisma, Yamaha Jupiter MX dan Vega ZR. "Punya Karisma kampasnya lebih banyak namun kecil-kecil, sedang MX agak besar. Beda dengan Vega ZR, ruasnya lebih lebar dari yang lain," ucapnya sambil menunjukkan bedanya (gbr.4).
Soal harga, punya Vega ZR dihargai Rp 54 ribu sepasang. Sedang MX ada empat lembar, dibanderol Rp 70 ribu per buahnya. Lalu Karisma dilego Rp 125 ribu untuk empat lembarnya. Terus, keuntungannya apa, dong?
"Punya Karisma lebih menyentak untuk tarikan awal. Beda kalo punya Vega, terlalu halus dan terasa lamban untuk berakselerasi. Keuntungan lain, kita gak perlu beli lagi, lah wong yang dipakai cuma dua, sisanya buat cadangan deh," tutupnya. Asyik, kan?
Sumber :Penulis/Foto: Pidav / Pidav - otomotifnet.com way commented on 11 Jul 2010, 01:17:49 Sponsored Links |
Suzuki Satria FU150 - Satria FU150 bunyi cek..cek..cek.., ganti setelan keteng pakai punya smash biar mantap.. Problem solving - Knalpot, sil jebol diganti glasswool donk.. Eksterior motor - Merawat cover dek skutik! |
||||||