|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia - Usah pusing setel kopling.. Avanza - XeniaNavigation: Otomotif » Mobil - Pemasangan dan Merakit
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Manut / Istimewa Kopling Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak menggunakan sistem hidraulis. Jadi, masih pakai kabel kopling buat menarik garpu penekan dekrup.
Ada keuntungan menggunakan kabel ini, lo. Jika putus di jalan, mudah untuk menggantinya dan siap ngacir lagi. Tentu harus menyiapkan serepnya dulu, dong.
Coba dibandingkan dengan sistem hidraulis, kalau sudah rusak masternya, siap-siap nunggu mobil derek, tuh!
Akan tetapi, kerugiannya sistem kabel pun ada. Jika sudah lama digunakan, lambat laun kabel ini akan seret karena gesekan dan kotoran yang masuk melewati karet penahan debu.
Kabel kopling ini bisa saja diganti atau dilumasi dengan oli. Namun perlu diingat dekrup dan kampas kopling kan ikutan menipis juga, lo. Imbasnya, pijakan pedal kopling bisa berubah.
Ah, usah pusing, soal gampang itu. Mau setel sendiri jarak main pedal koplingnya? Yuk kita lakukan bersama. Pertama, buka kap mesin dulu.
Lanjut intip ke bawah di antara pipa dipstick oli dan kolom stir. Tuh, ada mur plastik gede bentuk kembang. Sudah lihat, kan? Nah itu dia mur plastik penyetel pedal kopling (Gbr.1).
Putar ke kanan atau searah jam jam supaya jarak pijakan pedal kopling menjadi tinggi.
Atau sebaliknya, putar ke kiri alias berlawanan arah jarum jam untuk membuat pijakan menjadi dalam. Idealnya, jarak pijakan pedal kopling disetel pada posisi 50% dari pijakan paling dalam (Gbr.2).
Sumber :Penulis/Foto: Manut / Istimewa - otomotifnet.com Sponsored Links |
Soket Keramik dan Kapasitor Bank buat Motor Modification guidance - Bikin dan pasang sendiri Velocity Ring! Suzuki Satria FU150 - Aplikasi gas spontan aftermarket untuk FU150! |
||||||