![]() |
![]() |
||||
|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Jika baut mengikat bermasalah - Colok, bor atau ketok!![]() Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Tips dan Trik
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav Kalau ngomongin baut enggak ada habisnya, dari yang kecil sampai besar. Tentu kesemuanya tak bisa disamakan perlakuannya.
Jadi, jangan cuma tahu ngebuka dan ngencengin doang. Sebab itu bisa berakibat aus atau slek, bahkan bisa patah bautnya!
Hal itu sering dialami beberapa bikers. Sepele, tapi cukup bikin jengkel. Terutama pada baut atau pengikat tertentu pada peranti di besutan kesayangan. Ngakalinnya, sudah pasti butuh trik khusus seperti dibahas di bawah ini.
Baut Busi
"Biasanya masangnya kekencengan. Sehingga drat tertinggal di dalam mesin. Duh, pusing, deh," kata Rizky yang pernah ngalamin hal itu.
Lalu gimana ngatasinnya? "Eces (gampang), colok aja pakai obeng min ukuran sedang sambil diputar ke kiri untuk melepasnya," ucap mekanik bengkel umum Adea Motor (AM) yang ngetem di daerah Joglo, Kebon Jeruk, Jakbar (gbr.1).
Terus kalo udah lepas, buat masang busi yang baru mesti pakai tangan dulu sambil diputar ke kanan, pastikan kalau dratnya pas di posisinya. "Baru pakai alat kunci busi, sekiranya sudah mentok, jangan dipaksain lagi," wanti pria berbadan sehat ini.
Baut Spion Variasi
Bisa jadi karena material komponennya kurang bagus, baut penahan rumah spion pun patah. Alhasil, spion gak terpakai dan sisa patahan baut tetap nongkrong di tempat.
"Mau enggak mau, kudu lewat pengeboran. Pilih mata bor yang terdapat ulir. Yang biasa dipakai untuk bikin lubang baru," ujar Beti dari bengkel Garing Speed di daerah Petukangan Selatan, Jaksel sembari memperagakan alat itu (gbr.2).
Baut Tutup Master Rem
Mau tak mau mesti pilih jalan kekerasan nih. Waduh, jadi kriminalitas, dong. Hus maksudnya melepasnya pakai obeng ketok (gbr.3).
"Taruh mata obeng kembangnya di baut, lalu diputar ke kiri sambil diketok palu beberapa kali. Pasti deh kebuka," yakin Ipang penggawang bengkel Big One Clinik di Kreo, Jaksel.
Sumber :Penulis/Foto: Pidav / Pidav - otomotifnet.com Sponsored Links |
Tips memilih motor baru/motor bekas Saringan udara - Dicuci supaya awet 30 kali! Suzuki Satria FU-150 - Bikin rem belakang agar makin pakem! |
||||||
![]() |
![]() |