Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

PETUNJUK UMUM PERAWATAN DAN REPARASI


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Ridwan

Beberapa hal yang harus selalu diperhatikan dalam  kegiatan
perawatan dan reparasi adalah sebagai berikut:

 

 

1. Pakailah selalu pelindung spatbor (fender), tempat duduk dan
lantai agar mobil mobil tetap bersih dan terhindar dari kerusakan.


2. Bila mobil perlu didongkrak, siapkan dahulu ganjal roda, tempat dongkrak, 
dan penopang pada posisi yang tepat.


3. Pastikan peralatan dan alat ukuryang diperlukan selalu tersedia
sebelum memulai pekerjaan. Gunakan perkakas khusus untuk
melakukan pekerjaan tertentu.

 

4.  Sebelum melakukan reparasi, temukan dulu penyebabnya, Setiap
memulai pekerjaan, pelajari komponcn terkecil yang harus dilepas dan dibongkar untuk digantikan atau diperbaiki.

 

5. Jika prosedur pembomgkaran sulit, banyak komponen yang harus
dilepas, maka pembongkaran harus sedemikian rupa jangan sampai menyebabkan kerusakan bentuk dan daya tahannya. Kalau perlu diberi tanda agar waktu memasangnya dapat dilakukan dengan benar.

 

6. Setiap komponen yang dilepas, perhatikan dan periksa dengan
seksama fungsionalnya, perubahan bentuk, kerusakannya dan
masalah lainnya.

 

7. Selama pembongkaran, komponen komponen ditaruh secara
teratur untuk mempermudah pemasangannya kembali. Tandai
komponen komponen yang akan diganti dan yang akan dipakai
lagi


8. Sebelum melakukan pekerjaan kelistrikan, lepaskan hubungan
kabel dari terminal aki.

 

9. Bila dilepas, komponcn berikut harus diganti dengan yang
baru: oil seal, gasket, ring pengunci, pen konter, dan mur plastik.


10. Pada waktu melakukan perakitan, gunakan perapat (sealer).
gasket untuk mcncegah kebocoran.

 

11. Perhatikan baik-baik spesifikasi momen pengencangan  baut
Gunakan selalu kunci momen. 

 

12. Untuk suku cadang yang harus diganti, pakailah suku cadang
sesuai merek mobil yang diperbaiki.

 

13. Jika sekering harus diganti. Pakailah sekering dengan ampere
yang benar. Jangan sekali-sekali menggunakan sekering dengan ampere yang lebih besar atau lebih kecil.

 

14. Cegahlah bensin atau oli mengenai bahan bahan yang dibuat dari
karet atau pipa.



Sponsored Links

Kawasaki Ninja 250 - CDI booster Ninja 250 : tenaga / akselerasi?
Banyaknya peranti aftermarket untuk Kawasaki Ninja 250 yang sekarang beredar di pasar makin membuat ...

Perawatan standar tengah - Hindari As atau rumah standar tengah Aus atau kering..
Bagi motomania yang cuma ngerti naikin motor, pasti kerap melupakan standar tengah. Padahal peranti ...

Perawatan umum mesin sepeda motor
a) bersihkan badan sepeda motor, buanglah kotoran dan debu yang melekat pada badan , dan mesinnya un...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru