Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Modal Angin Bersihkan Washer


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Popo



Nosel disemprot agar debu dari udara bebas minggat

Motor juga bisa kotor karena kualitas karet yang sudah rapuh

Pada selang kotoran bisa menumpuk bila tabung washer jarang dibersihkan

Hujan telah tiba, kondisi washer atau air pembilas wiper harus prima. Salah satu yang harus dijaga adalah kebersihan komponen-komponen utama pada rangkaian ini.

Dari nosel, selang, kondisi tabung sampai motor wiper perlu dijaga kebersihannya. Jangan sampai saat benar-benar membutuhkan fungsinya tiba-tiba piranti ini tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Air yang menyemprot ke kaca untuk pembilasan keluarnya lemah atau malah tidak keluar sama sekali. “Bisa jadi karena tersumbat. Komponen-komponen di dalam washer sangat riskan tersumbat oleh debu dan kotoran.

Hal ini biasanya terjadi akibat penyumbatan kotoran dari debu di udara atau bisa juga karena kualitas air washer yang kotor.” buka Subur Priyanto, kepala bengkel Daihatsu di Jl. Panjang, Jakarta Barat.

Idealnya harus sering dibersihkan agar semprotan dari air washer tetap baik. “Cara membersihkannya cukup sederhana dengan menyemprot menggunakan angin kompresor,” tambahnya.

Hanya dengan angin, gampang dong? Ya iyalah, bisa pinjam ke mekanik saat service ringan atau ketika mampir di bengkel langganan. Tapi biar enggak salah tetap harus tahu apa yang mesti disemprot.

Pertama yang harus dilakukan adalah lepas tabung penyimpanan air dari tempatnya, jangan lupa lepas juga selang yang menuju ke nosel washer di kap mesin. Setelah keduannya terlepas giliran buka klip nosel di kap mesin.

“Tapi kalau susah enggak usah di lepas enggak apa-apa bisa disemprot langsung dari kap mesin,” saran Parwoto dari Otomotif Service Center (OSS).

Sekarang tinggal main semprot angin kompresor. Tapi sebelumnya jangan lupa pisahkan juga motor washer dengan tabung tempat penyimpanan air. “Caranya mudah tinggal tarik, tergantung tipe mobilnya,” lanjut Subur. Dengan angin kompresor yang memiliki tekanan tinggi, kotoran bisa langsung hilang sekali semprot. Baik yang di selang, nosel dan di motor washer.

“Pada motor washer sering tersumbat bila air washernya kotor atau bisa juga karena karet sil di motor wiper sudah rapuh sehingga serpihannya menyumbat selang sampai ke nosel,” tutup Subur. Oya khusus untuk membersihkan tabung air washer bisa menggunakan cara ini, klik disini.

Sumber : Penulis/Foto: Popo - otomotifnet.com



Sponsored Links

Toyota Kijang Innova diesel - Cara mudah dongkrak 10 Dk!
Mengendarai mesin yang awalnya diciptakan Rudolf Karl Diesel pada Toyota Kijang Innova memang sangat...

Modifikasi Guidance - Pasang Takometer di Mobil Injeksi
Simpel tapi penting. Itulah keberadaan takometer atau biasa disebut rpm. Sederhana karena hanya beru...

Usir hawa panas kabin dengan sunshade biar cepat dingin!
Semua orang suka dengan hari yang cerah. Tetapi panas matahari dengan sinar ultraviolet (UV) tinggi,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru