Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Standar Ban Indonesia Sangat Tinggi di Mata Produsen Eropa


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: AGK - otomotif.kompas.com

Ban buatan Indonesia, ternyata standarnya lebih tinggi dari Eropa.

 

  Untuk meningkatkan kinerja ekspor ke Eropa, Pemerintah Indonesia berencana meratifikasi empat produk komponen otomotif sesuai dengan standar United Nations Economic Commission for Europe (ENECE). Keempat produk ini berhubungan dengan standar kebisingan, sabuk pengaman, ban, dan sistem pengereman.

"Kami akan mencoba meratifikasi keempat jenis produk tersebut. Akhir tahun ini sudah bisa diwujudkan," ujar Direktur Industri Alat Transportasi Darat dan Kedirgantaraan Departemen Perindustrian (Depperin) Panggah Susanto, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/10).

Panggah menjelaskan bahwa koordinasi perlu ada antara Depperin dan Departemen Perhubungan. Selanjutnya, barulah mereka mengirimkan surat permohonan ratifikasi melalui Departemen Luar Negeri.

Sebelumnya, Gabungan Industri Alat-alat Mobil dan Motor (GIAMM) memprediksi kinerja ekspor komponen lokal akan turun 35 persen hingga akhir tahun menjadi 780 juta dollar AS. Sementara itu, pasar komponen lokal juga merosot 30 persen menjadi Rp 56 triliun dari tahun lalu, Rp 81,6 triliun. Selanjutnya, penjualan komponen domestik diperkirakan anjlok 30 persen menjadi Rp 49 triliun pada 2009.

Sementara itu, terkait dengan pertemuan delegasi Indonesia dengan pihak Uni Eropa di Brussels, Belgia, Panggah yang ikut dalam perwakilan menerangkan bahwa belum terjadi pembahasan yang serius, khususnya di sektor otomotif. Pembicaraan baru mengupas beberapa sektor, seperti kehutanan dan perikanan.

"Di otomotif, mereka (Uni Eropa) menanyakan tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) ban di Indonesia, yang sangat tinggi spesifikasinya, sehingga ban dari Eropa sulit masuk ke pasar nasional. Jadi, belum ada perumusan apa-apa," tutup Panggah.

 



Sponsored Links

Oto Tips Motor- Roller Skutik Ringan = Deselerasi Besar?
Umumnya, akselerasi jadi pujaan pengguna skutik. Maklum iklim kompetisi selalu berada di benak tiap ...

Hummer H3 dengan Velg Terbesar, Justru Bukan di Jakarta
Pernahkah jumpa Hummer H3 pakai ban 26 inci di Jakarta? Atau mungkin di kota-kota besar seperti Sura...

PELAKSANAAN PERAWATAN BERKALA
1. Baut kepala silinder


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru