Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Suzuki Smash - Atasi klakson smash ngadat, cukup disemprot dan gosok...


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Teguh / Teguh

Sebel banget deh, kalau klakson tiba-tiba gak bunyi? Pas mau nyalip jadi ragu-ragu dan enggak bisa kasih kode saat berada di samping kendaraan lain.

 

Terpaksa malah klakson mulut yang berkoar alias teriak. Berabe!

Nah, ngadatnya klakson, karena tak pernah dijamah alias lolos dari perawatan. Maklum, peranti itu kecil dan tersembunyi. "Kadang klakson suka gak hidup, kalo abis dicuci atau kena hujan," keluh Adi Sucipto, pemilik Suzuki Smash 2007.

 

"Biasanya masalah klakson di musim hujan atau sehabis mencuci berawal dari switch yang ada di setang itu kotor atau kabel klakson putus," terang Kamil, mekanik dari Ondol's Selatan Motor (OSM), yang mau berbagi tipsnya.

 

Masih menurutnya, karena pada bagian tersebut terdapat celah kecil, sehingga air atau debu dapat menyelinap ke dalam dan menimbulkan karat yang membuat klakson kadang bunyi, kadang enggak. Trus, gimana dong?


Gambar 1

Gbr 1

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

Tenang! Mengatasi, mari praktik di tunggangan milik Adi. Sedang cara perawatannya gampang dan bisa dilakukan sendiri tanpa kudu ke bengkel. "Cukup digosok pake ampelas atau disemprot antikarat," ucap pria murah senyum ini.

 

Yuk, bongkar! Peralatannya, obeng kembang dan ampelas halus ukuran 1000 (paling halus) aja, kok. Sudah? Karena switch Smash menyatu dengan batok belakang, maka buka semua baut pada bagian batok lampu depan.

 

Trus, dorong keluar peranti tadi sambil menekan penjepitnya. Setelah dilepas, bersihkan bagian tombol itu dengan ampelas (gbr.1). "Buat bersihinnya jangan terlalu ditekan, karena akan menghilangkan lapisan connector-nya dan biar gak nongol korosi atau karat, disemprot pake antikarat," tambahnya.


Gambar 5

Gbr 5

 

Berikutnya, bersihkan juga soket yang ada di belakang bodi klakson dan juga peranti bulat itu (gbr.2). Caranya? Buka dulu pelat nomor berikut dudukannya dengan masing-masing kunci.

 

Untuk menghilangkan kotoran pada peranti bunyi itu juga pake ampelas halus tadi. "Sedangkan untuk soket kabelnya, cukup disemprot aja (gbr.3)," ujar pria bermarkas di Jl. Praja Dalam E, Kebayoran Lama, Jaksel sambil memperagakan.

 

Nah, kalo klakson masih belum teriak, coba cek kabel-kabel pake multitester (gbr.4) untuk mengetahui arusnya, tempelkan 2 kabel alat tes itu ke-2 kabel soket komponen yang dimaksud (gbr.5) dan kontak di posisi On. Kalo gak bunyi?

 

"Berarti kabelnya ada yang putus dan harus ganti kabel bodi atau disambung alias dijumper," serunya. Setelah komponen itu hidup, silakan rangkai kembali seperti semula satu per satu.

 

Sumber :Penulis/Foto: Teguh / Teguh - otomotifnet.com



Sponsored Links

Sokbreker Jupiter MX gampang jebol? ganti punya Nouvo Z coy!
Setiap motormania, pasti punya masalah tersendiri terhadap tunggangannya. Seperti dialami Rommy Hami...

Minyak pelumas
Fungsi minyak pelumas secara keseluruhan

POROS GARDAN
(PROPELLER SHAFT) Pada mobil dengan mesin di depan dan penggeraknya roda belakang, tenaga putar da...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru