10 Jurus Rawat Mesin Agar Mudik Indah Mesin adalah nyawanya mobil. Sekarang ini ada dua macam dapur pacu, bensin dan diesel. Satu sama lain, perlakukannya sedikit berbeda.
Sebelum diajak bertempur mudik, persiapannya harus prima. Ada komponen-komponen penting yang harus disetel atau diganti. Berikut adalah komponen mesin yang mesti diperhatikan.
ADo it Yourself - Atasi Spidometer Thunder Ngadat Emang nyebelin kalau indikator kecepatan motor atau istilah kerennya spidometer ngadat. Seperti yang dialami Cesar Reza (CR), salah satu pengguna Suzuki Thunder 125 lansiran 2008. "Dari pertama beli, spidometer belum pernah gue utak-atik atau putus. Eh tau-tau sekarang malah mati sendiri," ujarnya sebel.
Antisipasi ban bocor tanpa ban serep? Jika ban serep tidak ikut serta dalam mobil atau sedang kempis, apa yang bisa kita lakukan saat salah satu ban bocor di jalan? Menyerah saja, tentu tidak. Penasaran, lanjutkan saja membaca artikel ini untuk mrndapatkan solusinya.
Awas onderdil palsu : Mau hemat harus cermat! Suatu hari, si Amir sempat keder saat berbelanja sembako. Bukan sembako buat dapur di rumah, lo. Tetapi sembako buat besutan kesayangan.
Ban Mobil - Jangan melupakan merawat ban anda bro! Coba tengok mobil yang dipakai sehari-hari, bagian mana yang melakukan kontak langsung dengan aspal? Jawabannya pasti si karet bundar hitam bernama ban. Sayang, keberadaannya seperti anak tiri. Sering dicuekin dan kalau terjadi apa-apa langsung dituduh sebagai penyebabnya. Padahal, walau anak tiri juga butuh sentuhan dan perawatan.
Bikin mobil agar Tetap kinclong - Cairan pengusir dekil dan kotor? Beratus atau bahkan ribuan kilometer jarak yang ditempuh dalam rperjalanan antar kota antar propinsi, sudah pasti membuat tunggangan tidak sekinclong kala baru berangkat. Eksterior sih sudah pasti, namun yang kerap terlupa interiornya.
Break in rem : Tahapan supaya cakram awet? Sama layaknya inreyen dahulu kala, sistem pengereman juga membutuhkan inrijden atau yang biasa disebut break in. "Hasilnya tentu memperpanjang usia pakai cakram, dan sistem pengereman dapat bekerja minim gangguan," ujar Andreas, tuner dari bengkel Phoenix-R di Gading Auto Centre Kelapa Gading, Jakut
Cara Jitu Merawat ‘Soft-Top’ Mobil Anda Bagi Anda yang sehari-harinya mengendarai mobil kabriolet alias mobil yang atapnya bisa dibuka dan ditutup dengan mudah (convertible top), patut menjaga kondisi soft-top agar tetap prima. Cara terbaik untuk mencuci soft-top adalah dengan tangan (hand-washed).
Cara Mudah Perawatan ‘Air Filter’ Mobil Anda Seperti halnya manusia, jeroan mesin harus senantiasa sehat dan bersih. Itulah sebabnya, filter udara terasa begitu penting. Bila peranti penyaring kualitas udara menuju bahan bakar tak berfungsi dengan baik, udara yang masuk bersama bahan bakar menuju ruang mesin adakalanya bercampur debu dan mengganggu kinerja mesin.
Cegah Baut Velg Mobil Tidak Macet atau Dol Pernah sulit membuka baut roda mobil ketika mengalami ban kempis? Pemicunya bisa karena pemasangan tidak pas (miring). Yang berbahaya lagi, bila bagian itu sampai lepas karena ulirnya sudah termakan (dol) atau ukurannya tidak pas. Selain itu, model pengunci roda ada dua, tanam atau tancap.
Cegah Mobil Bocor Kala Hujan
Bocor selalu memberi hasil yang tidak menyenangkan, bahkan di mobil sekalipun. Padahal salah satu keunggulan mobil, ketika hujan anggota badan tak perlu ikut-ikutan basah. Bocor bisa terjadi karena jalur air terhambat sehingga alirannya tak lancar.
Don & Don’t Bohlam - Supaya Bohlam Awet Agar bohlam mobil berumur panjang, perlu perlakuan yang bersahabat. Untuk itu, enggak ada salahnya jika meluangkan waktu merawat bohlam. Biar jelas mari diurai perlakuan apa saja yang boleh, dan mana yang enggak boleh dilakukan. Monggo simak poin-poin di bawah ini.
Hati - Hati jika oli mesin warna putih susu? Fungsi oli sebagai pelumas mesin ternyata bisa menjadi indikator kondisi mesin. Karena selalu akrab dengan komponen internal mesin dan selalu bersirkulasi, membuat oli memiliki kemampuan sebagai pembersih.
Ingat! Periksa Mobil Sebelum Jalan Meski usia mobil baru setahun (dari beli baru), tak ada salahnya periksa kondisi mobil sebelum dikendarai (pagi hari), apalagi jika jangka pemakaiannya sudah di atas dua sampai tiga tahun. Jangan hanya karena hal kecil yang luput dari pengamatan lalu masalah besar malah muncul.
Kap Mesin - Enggak hujan, kaca kok berembun yah! Pusing rasanya mengemudi tapi pandangan terhalang embun. Padahal lagi enggak hujan! Seperti yang dikeluhkan Tatang Hadiya, pemilik Mitsubishi Galant ST dalam rubrik konsultasi edisi lalu. Otomatis warga komplek GPA, Serang, Banten ini mesti sering mengaktifkan wiper. Salah-salah malah kaca jadi baret euy. Lantas kenapa terjadi embun?
Komponen Mobil yang Diperiksa Pasca-Mudik Setelah mobil "diperas" pergi-pulang untuk tujuan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman, ada baiknya diperiksa kembali. Apalagi baru kembali Sabtu atau Minggu (4 dan 5/10), tentu belum ada bengkel yang buka dan baru hari ini menerima servis.
Kuras oli gardan, kadang terlupakan! Bagi kamu pemilik mobil berpenggerak roda belakang, atau pun 4WD. Gardan merupakan komponen yang vital, karena fungsinya menggerakkan roda.
Kuras oli transmisi matik? Walau diklaim bebas perawatan, namun transmisi matik tetap saja mesti dipelihara agar usianya panjang. Salah satunya dengan mengganti pelumasan transmisi secara berkala.
Label Remover - Stiker Minggat Tetap Mengkilap Cukup banyak pecinta modifikasi yang doyan pasang stiker di mobil kesayangannya guna mempercantik tampilan. Namun seiring waktu berjalan, kadang pemilik merasa bosan dengan stiker model tersebut dan pingin ganti motif lain. Bahkan ada juga yang mencoba tampil polos seperti semula.
Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru