Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mobil - Perawatan

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ]

Merawat bodi - Cermat dan hemat antikarat!
Sudah dari sononya, sekeras atau setebal apa pun besi, jika terkena korosi pasti rusak. Apalagi pelat mobil yang terbuat dari pelat tipis cukup mudah berkarat.

Merawat Bodi - Hapus Baret Halus Handel Pintu
Sambil memandang jari lentiknya, Lolita tersenyum dalam hati. “Senangnya abis meni-pedi, kuku jari terawat dan mengilap,” gumamnya. Pas nih dengan kilau mobil baruku. Hati gadis muda itu pun riang, karena baru saja menebus mobil baru 3 bulan lalu. Tetapi kala akan membuka pintu... “Waaahh... kok baret-baret sih?” ujarnya setengah berteriak. Tukang parkir dekat salon pun keheranan. Ada apa non?

Merawat Pelek Mobil - Cegah Pelek Panuan Pasca Hujan
Pakai pelek racing memang keren, bikin tampilan mobil jadi kelihatan beda. Tetapi kalau enggak dirawat malah bikin tampilan kendaraan jadi ‘beda’ beneran. Apalagi dalam kondisi cuaca yang sering turun hujan seperti sekarang ini. Dinding pelek bakal ‘panuan’. “Kalau lagi jalan sih enggak kelihatan, tetapi pas berhenti baru ketahuan banyak kotoran,” terang Triatmojo dari salon mobil Efpro di Pangeran Antasari, Jaksel.

Mesin Macet - Jangan remehkan mesin mobil di saat macet?
Mobil dengan mesin mogok sepertinya tak menjadi petaka besar buat sebagian orang. Tetapi jika mesin sudah tak sanggup lagi bekerja, tentu ini masalah besar tiap orang. Apalagi kerusakan ini disebabkan hal yang tak disangka alias hal yang tergolong sepele, malah bikin makin berabe!

Modifikasi Guidance - Mencangkok Karbu Pakai Adaptor
Mencangkok karburator besar udah jadi tren motor kencang. Namun, demi hasil terbaik, menurut Hariyadi, mencangkok karbu kudu teliti. “Kayak nyangkok pohon, sambungannya harus rapat. Nyangkok karbu besar harus rapat ke intake agar asupan bensin yang besar tidak sia-sia,” bilang mekanik bengkel Haris Motor di Jl. H. Kafi, No. 38, Ciganjur, Depok.

PELAKSANAAN PERAWATAN BERKALA
1. Baut kepala silinder

Perawatan fuel pump mobil - Tangki Bensin di bawah seperempat, fuel pump cepat sekarat...
Pompa bensin mobil injeksi cepat mati? Apakah karena kualitas bahan bakar yang buruk, atau memang gelagat fuel pump mobil injeksi yang punya umur pendek? Tunggu dulu, masih ada satu penyebab lagi. Apa ya, kira-kira?

Perawatan Mobil - Semir Plastik Eksterior Cegah Pudar
Suatu ketika, meja redaksi menerima sebuah email dari seorang pembaca. Uniknya, email ini bukan berisi pertanyaan atau atau surat pembaca. Melainkan untaian trik menarik. Sang pengirim bernama Dani Indra membeberkan pengalamannya dengan mobil kesayangan. Terutama saat ia melakukan perawatan seputar eksterior. Yuk, kita simak bareng trik dari Indra ini.

Perawatan Musim Hujan - Cegah Karet Kaca Bocor
Hampir bisa dikatakan kebocoran pada kabin saat hujan deras, banyak disebabkan oleh celah yang timbul pada sudut kaca. Kondisi ini umumnya merupakan efek samping dari umur pakai karet kaca, dan biasanya terjadi pada besutan berusia lebih dari lima tahun

Perawatan Roda - Delapan cara menjaga tekanan pada angin!
Selain memperhatikan kondisi mesin dan interior, sebaiknya anda juga memperhatikan tekanan angin ban. Berikut ini beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan angin pada ban mobil anda.

Perawatan Selama Kemarau - Berpacu Melawan Debu
Musim kemarau kali ini terasa cukup panjang. Selain suhu tinggi menyengat, kondisi udara relatif kering. Bagaimana perawatan kendaraan kesayangan? Kondisinya lain dengan musim hujan, perawatan yang diperlukan ternyata juga berbeda.

Perawatan Spare Part - merawat filter bahan bakar?
Dalam jalur bahan bakar, jika salah satu komponen terhambat maka yang masuk ke mesin menjadi tak optimal. Berbagai efek dihasilkan dari hambatan ini.

Problem Solving - AC Daihatsu Gran Max Kurang Dingin
Bawaan lahir, Daihatsu Grand Max sudah dilengkapi AC (Air Conditioner) single blower yang berfungsi sebagai pendingin kabin mobil. Namun ada beberapa pemilik mengeluh, AC kurang dingin. Sebut saja Yodi Anugraha yang sejak Juni 2008 lalu, memboyong MPV berkapsitas lebih dari 10 penumpang ini. Problem kabin gerah paling terasa siang hari.

Problem Solving - Jika Alarm Avanza Cerewet Dan Low Batt
Hampir semua varian Avanza baik tipe E, S dan G sudah dilengkapi alarm sebagai perlengkapan standar. Peranti keamananan ini memang bukan dipasang oleh pabrikan PT Toyota Astra Motor(TAM), namun sudah divendorkan atau outsourcing kepada dua rekanan.

Problem Solving - Masalah Gir Depan Honda Tiger
Jika sudah lama dipakai, Honda Tiger kerap bermasalah pada gir roda depan. Awalnya dari spi pengikat aus akibat sering kena entakan. Kemudian akan mengikis permukaan alur spi dan as gir (gbr.1).

Problem Solving -Reparasi Sil Master Rem Depan
Apapapun kondisi cuacanya, perawatan motor kesayangan kudu lebih sering dilakukan. Terlebih saat musim hujan kayak gini. Maklum, sekali saja mengabaikan ritual itu, penyakit di tunggangan bisa merembat ke mana-mana tuh!

Service Guidance
Musim hujan sekarang ini wiper jadi perangkat yang sangat vital. Problem yang sering terjadi adalah lama kelamaan karet wiper biasanya menjadi keras dan getas. Untuk menjaga tingkat elastisitas karet, banyak yang memyemprotkan silicon spray kaleng atau yang banyak dijumpa, semir ban. Benarkah cara ini?

Service Guidance - Amankan Klakson Avanza Dari Maling
Untung tak dapat diraih, malang tak bisa ditolak. Seorang rekan redaksi bercerita telah kehilangan klakson Toyota Avanza miliknya. Menurutnya, saat kejadian sedang parkir dan tidak ada bunyi alarm sama sekali. Ia pun mencurigai klakson yang mudah ‘diakali’ si tangan panjang

Service Guidance - Antisipasi Mesin Over Heat
Mesin motor panas? Adalah wajar bila dipakai jarak jauh. Tapi jadi gak lumrah kalo baru dipakai jarak dekat sudah overheat. Mungkin karena oli mesin sudah terlalu encer atau lama tidak diganti.

Service Guidance - Awas! Uap Panas Air Aki
Aki merupakan kebutuhan penting bagi setiap kendaraan. Rasanya komponen kelistrikan tak akan mau berfungsi jika aki bermasalah. Tapi jika aki dalam keadaan baik tapi memberi masalah di sekitarnya, itu yang patut dicurigai. Cerita berikut terjadi di varian Daihatsu Sirion, namun bisa juga terjadi di tiap mobil yang memiliki aki setipe dengan aki yang dipakai oleh Daihatsu Sirion

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ] [ 4 ]

Sponsored Links

Mau Bikin Velg Motor Kinclong, Gampang!
Kebetulan kondisi velg motor Anda sudah jelek. Karat tumbuh di sepanjang lingkaran sehingga enggak p...

Modifikasi Guidance - Peredam Atap Atasi Bising Hujan
Gemuruh titik air hujan yang jatuh ke atap bisa mengganggu kenikmatan mendengarkan lagu di dalam mob...

Substitusi Part - Substitusi main dan pilot jet Honda Beat?
Salah satu cara untuk upgrade performa Honda BeAT yang plug and play (PnP) adalah dengan mengganti k...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru