Modification guidance - Ganjal kopling Honda Tiger pakai ring? Ada cara mudah untuk meningkatkan performa yang kerap dilakukan motormania. "Tambahkan saja ring pada per koplingnya. Maka per akan lebih memendek, efeknya gaya tekannya lebih besar, sehingga pengaruhnya sama dengan ganti per aftermarket," terang Agung Wahana dari bengkel SARRT.
Modification guidance - Bikin sokbreker dobel di Yamaha Mio! Menganut aliran lowrider ada beberapa bagian yang harus ikut dibenahi seperti sokbreker belakang. Seperti kata Donny Permana dari rumah modifikasi Hantu Laut, "Logikanya, kalo ban dan mesin jadi mundur, sok belakang juga harus ikut dimodifikasi. Sebab semakin panjang undur-undurnya, kian ringkih pula tumpuan bagian tersebut."
Upgrade performance - Naik spuyer di saat ganti knalpot dan CDI? Ganti knalpot aftremarket, memang jadi jurus paling jitu buat mendongkrak tenaga besutan kesayangan dengan metode praktis, plug and play (PNP). Namun agar tenaga yang dihasilkan bisa lebih maksimal, biasanya juga diikuti jetting spuyer di karburator.
Modification guidance - Sepatbor Vario untuk Beat? Ada cara mudah bikin bagian depan Honda BeAT jadi lebih keren. Caranya, ganti sepatbornya pakai punya Vario. "Sebab punya aslinya terlalu cungkring alias kurus. Sehingga tongkrongan depan skutik ini tampak menganga," aku Tri Agus pemilik BeAT 2008.
Throuble Shooting - Deteksi pemicu agar setang kemudi jadi berat? Suatu ketika, Nadiar Hakim pembesut Suzuki Thunder 125 keluaran 2006 mengeluhkan soal kondisi tunggangannya. "Kemudinya jadi terasa berat. Saat diajak bermanuver, handlingnya jadi kurang lincah," ungkap bapak 2 anak yang tinggal di daerah Depok, Jabar ini.
Pasang fairing bawah custom Kawasaki Ninja 250 - Makin panjang, lebih garang! Mempergagah tampilan besutan kesayangan? Wow... tentu saja ada berjuta metode. Dari yang simpel sampai paling ribet. Zaki, pemilik Kawasaki Ninja 250 pilih langkah pertama. "Meski sederhana tapi kalo tepat, kan hasilnya oke juga," aku pria funky ini.
Bikin pakem rem belakang Suzuki Spin low rider! Modifikasi lowrider di skutik yang wajib mengaplikasi undur-undur sebagai ciri utama, jelas butuh penyesuaian di berbagai sektor. Salah satunya, sistem pengereman belakang yang otomatis jadi ikut mulur.
Honda Vario pakai cakram Blade biar keren bro.. Buat sebagian motormania, memasang cakram lebar variasi selain mendukung tampilan, juga merupakan solusi paten untuk bikin pakem rem di tunggangan. Tapi bagi Jhony Hole dari JHMC, justru sebaliknya. "Kalo gue pribadi kurang suka. Sebab dari kualitas kurang sip," alasannya.
Yamaha Scorpio Z - Filter oli scorpio z bisa tukar pakai ke jupiter mx loh.. Namanya juga sedulur (saudara), sah-sah saja kalau saling tukar komponen. Alkisah, fast-moving parts filter oli Yamaha Scorpio yang luwes dipakai ke varian lainnya. Entah karena alasan apa, pabrikan membuat elemen penyaring (filter) untuk oli yang berlainan antara Yamaha Scorpio dan Yamaha Jupiter MX. Padahal, secara dimensi keduanya bak pinang dibelah dua.
Modification Guidance - Roller rocker arm honda blade Bbuat silinder head yamaha jupiter z! Secara fungsi, rocker arm Honda Blade yang sudah dilengkapi roller (gbr.1) memang memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah mengurangi gesekan antar komponen di kepala silinder. Tanpa rocker arm ber-roller, gesekan antara camshaft atau cam dengan rocker arm cukup besar karena penampang rocker arm sifatnya diam.
Combi Brake Universal - Combi brake universal ala adi sutisno bisa buat semua skutik Hingga saat ini, memang baru Honda yang punya teknologi pengereman ganda alias combi brake system (CBS). Yakni pada skutik terbarunya; Vario Techno. Teknologi ini dirasakan sangat membantu rider pemula yang belum paham betul cara mengoperasikan rem yang ideal.
Yamaha V-Ixion - Problem V-Ixion susah oper gigi, nok harus sejajar bro! Pernah suatu ketika, bengkel resmi Yamaha Amie Jaya Motor (AMJ) menerima keluhan konsumen pengguna Yamaha V-Ixion. "Keluhan seputar susahnya saat oper gigi. Terutama pada posisi persneling netral," ucap Yayat Suryana, kepala mekanik bengkel AMJ.
Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru