10 Bagian yang Mesti Diperhatikan pada Motor Kebanyakan pengendara motor baru mau memerhatikan kendaraannya jika mesin rewel, tidak mau menyala atau rewel. Padahal, ada sekitar 10 pemicu petaka yang bisa menimpa pengendara dan ada di antaranya berujung dengan kecelakaan.
Audio Mobil - Menghilangkan Efek Storing Gejala storing (alternator whine) kerap terjadi pada kabin mobil, yang sudah diupgrade sistem audio standarnya. Gejala awal yang sering muncul, kerap muncul suara melengking mengikuti putaran mesin mobil. "Bunyi seperti suara nguing akan semakin terdengar dan melengking, pada 2 ribu rpm ke atas," buka Maslim Djanuanto, instalatur Basis Audio di Taman Meruya, Jakbar.
Bersih-Bersih Karat - Treatment Musim Hujan Pasti biker sudah banyak yang tau, bahwa air hujan yang turun itu mengandung zat asam yang mampu memicu karat pada permukaan besi yang tak terlindungi cairan antikarat.
Bersih-bersih pipa knalpot yuks! Bagian pipa knalpot memiliki peran yang cukup penting. Selain sebagai part penunjang tenaga mesin, peranti penyalur sisa gas buang ini bisa juga menjadi pemanis tampilan kuda besi. Maka itu, tak jarang knalpot dibuat mengilap seperti pada bawaan Suzuki Thunder 125.
Buat pelindung sasis belakang - Honda Blade cegah karat datang.. Kalau melihat tampilan dari Honda Blade 110R memang enggak ada matinya. Desain yang ciamik dipadu performa gahar, membuat motor ini jadi impian banyak orang. Tapi coba perhatikan lebih detail di sektor buritan. Khususnya di daerah sepatbor belakang.
Cek Auto Choke New Nouvo Z - Cukup Ditiup, Wussss...!! Sistem cuk Yamaha New Nouvo Z terbilang modern. Enggak lagi model manual lewat tarik tuas tapi sudah bekerja otomatis (auto choke). Saat dibutuhkan (mesin dingin), katup cuk secara otomatis bekerja. Nah, berhubung semuanya bekerja secara electrical maka prosedur pengecekan juga berbeda dengan tipe manual.
Cek sein ogah kedip - Flashernya dibersihin, donk! Motor sering diajak jalan? Tak mustahil banyak perantinya yang mengalami kerusakan atau disfungsi. Seperti halnya lampu sein yang fungsi utamanya untuk memberi tanda pengendara lain saat rider akan belok ke kiri maupun ke kanan.
Cuci ulang filter udara, performa kembali lega! Komponen ini boleh dibilang mempunyai umur yang bergantung pada keadaan lingkungan sekitar. Kalau dipakai pada rute yang berdebu, tak jarang penggantian akan sering dilakukan.
Eksterior motor - Merawat cover dek skutik! Bagi motormania penganut aliran metroseksual, haram hukumnya bila besutan kesayangan terlihat dekil dan kumel. Maklum, bagi mereka tampilan yang apik dan bersih harus tetap utama.
Honda Mega Pro - Bersihkan kran bensin motor kamu? Pada motor sport kayak Honda Mega Pro, ada peranti yang jarang banget dijamah. Yup! Alat itu kran bensin. Padahal fungsi part itu cukup penting. Yakni mengatur banyak atau dikitnya BBM yang mengalir dari tangki ke bagian pengabut atau karburator.
Honda Mega Pro - Bersihkan kran bensin motor kamu? Pada motor sport kayak Honda Mega Pro, ada peranti yang jarang banget dijamah. Yup! Alat itu kran bensin. Padahal fungsi part itu cukup penting. Yakni mengatur banyak atau dikitnya BBM yang mengalir dari tangki ke bagian pengabut atau karburator.
Honda Mega Pro - Bersihkan kran bensin motor kamu? Pada motor sport kayak Honda Mega Pro, ada peranti yang jarang banget dijamah. Yup! Alat itu kran bensin. Padahal fungsi part itu cukup penting. Yakni mengatur banyak atau dikitnya BBM yang mengalir dari tangki ke bagian pengabut atau karburator.
Kuras air radiator Honda CBR 150? Sudah tahu, kan? Fungsi radiator sebagai peranti pendukung pendingin mesin saat berkendara, baik jarak jauh atau dekat agar suhu mesin stabil. Peranti ini umumnya ada di motor sport. Salah satunya Honda CBR 150 cc.
Kuras Oli Sok Motor, Ingat Historisnya! Ganti oli sok atau peredam kejut (shock-absorber) motor enggak bisa dibilang gampang. Lepas sok atau tabung dari segitiga, buang oli lama dan masuk yang baru, kemudiann pasang lagi. Teorinya memang begitu, tapi ketika dibawa jalan, eh laju motor malah lari ke kiri dan kanan.
Mau Bikin Velg Motor Kinclong, Gampang! Kebetulan kondisi velg motor Anda sudah jelek. Karat tumbuh di sepanjang lingkaran sehingga enggak pede menunggangi motor. Kalau mau bikin mulus lagi, nih Andreas Purnama dari bengkel Mosbi (Modifikasi Superbesar Indonesia) kasih solusinya.
Modification guidance - Paket rem cakram belakang bebek? Banyak pemilik motor bebek yang masih pakai rem belakang model teromol mengupgrade jadi cakram. Tentu dengan berbagai alasan dan dalih. Misal, selain bikin pengereman makin yahud, juga dongrak tampilan.
Modifikasi Guidance - Glasswoll Knalpot Panjang Umur Buat yang rajin nongkrong di dapur pasti tidak asing lagi dengan alat pencuci panci yang satu ini. Fungsinya sebagai scrubber atau penggosok saat mencuci pantat panci yang biasanya gosong. Materialnya kasar dan oleh produsennya diklaim terbuat dari stainless steel yang tahan karat.
Modifikasi Guidance - Mio Ngibrit Pakai Piston Smash Untuk harian, bore up nggak perlu besar. Asal tenaga naik, motor lumayan ngibrit dengan modal irit. Bagi, pengguna Yamaha Mio, silakan tiru Utomo, mekanik Tom's Racing di Pondok Benda, Pamulang. "Manfaatkan piston Suzuki Smash, naik bore jadi 53,5 mm. Biaya nggak banyak, tapi tenaga maksimal," terang mekanik dengan rambut dicat merah ini.
Modifikasi Guidance - Pasang Nipel Lengan Ayun Scorpio Swing-arm Yamaha Scorpio juga perlu perawatan! Kalo dicuekin, dapat berisiko macet seperti padatnya lalu lintas Jakarta. Akibat karat, efeknya bisa parh. Bos atau bushing arm nempel dengan lengan ayun dan susah dicopot.
Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru